Edy Siswanto

Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. adalah Doktor Bidang Manajemen Kependidikan Universitas Negeri Semarang (Unnes), Pemerhati Politik dan Pendidikan, Lulus ter...

Selengkapnya
Navigasi Web
Sehari Bersama Alquran

Sehari Bersama Alquran

Sehari Bersama Alquran

Edy Siswanto

4 Mei 2019, Ajang unjuk kebolehan siswa-siswi, santriwan-santriwati. SDIT Alkautsar Sidorejo Brangsong Kendal secara rutin diadakan. Alquran Sebagai Petunjuk kebenaran. Huda Linnas. Menjadi pembeda antara yang hak dan yang batil. Dikemas dalam Sehari Bersama Alqur'an ( SBA) dengan tema, "Mendidik Generasi Milineal untuk Cinta Alqur'an".

Eko Widiyono, S.Pd. Kepala Sekolah SDIT. Dalam sambutannya Menyampaikan kebersamaan dan kecintaan Alqur'an bukan hanya sehari. Namun sebagai pijakan mengingatkan dan sebagai contoh. Untuk senantiasa tak bisa lepas. Keseharian selalu cinta dan berasama Alqur'an. Apalagi mendekati bulan Ramadhan. Bulan diturunkannya Alqur'an.

Mencintai, membersamai Alqur'an bukan sekedar menghafal. Mencukupkan dengan menyenandungkannya. Namun bisa mengamalkannya. Menerapkan dalam kehiupan sehari-hari. Dalam setiap aspek kehidupan.

Memperihatinkn sekali era sekarang. Terjadi kerenggangan hubungan orang tua anak. Banyak anak kurang perhatian, kurang kasih sayang dengan orang tuanya. Bahkan keseharian hanya dengan neneknya atau pembantunya. Dikarenakan orang tuanya di luar negeri misalnya.

Generasi miliniel sekarang ini tak bisa lepas dari gaget. Orang tua mesti bisa memantau permainan anak. Pada saat pegang HP. Boleh digunakan dalam hal mendukung pembelajaran. Bukan untuk bermain game. Tutor Eko Kepala Sekolah berkaca mata ini.

Acara dimulai pukul 08.00 sampai Adzan Dzuhur. Diawali unjuk kebolehan siswa dan siswi Alkautsar. Yang selama ini ditempa dalam kawah candradimuka pembelajaran di kelas. Khususnya dalam menghafalkan Alqur'an.

Dari mulai kelas 1, hafalan surat-surat pendek Jus amma. Sampai kelas 6. Minimal menghafal dua juz, Juz 1 dan juz 30. Luar biasa. Diisi juga pertanyaan dari para ustadz untuk mengetes. Dengan cara menghafal dan meneruskan setelah dibacakan ustadznya.

Selain hafalan. Yang kelas lain tampil ada yang tilawah quran, puisi dan drama dilanjut tausiah uraian hikmah ustadz dari luar.

Diakhiri dengan doa oleh semua peserta yang hadir. Sehari bersama alquran diikuti oleh 250 peserta dari siswa kelas 1 sampai kelas 6.

Acara dihadiri seluruh siswa SDIT Alkautsar, didampingi orangtuanya. Pengurus yayasan. Tokoh masyarakat dan dari dinas. Dibuat untuk ajang silaturahmi antara insan Alkautsar dan ada juga donatur yang hadir.

Dibagikan juga bingkisan atau takjil persiapan menghadapi puasa. Dalam acara Ceria Sambut Ramadhan (CSR). Untuk fakir miskin dan kaum duafa. Setelah itu acara diisi tausiyah oleh Ust. Parwoto untuk memberikan motivasi di acara Sehari Bersama Alqur’an.

Alkautsar konsisten mencetak generasi unggul bermental juara. Generasi penerus peradaban.mulai yang cinta Alqu'an. Berbasis pada aqidah islam. Nilai-nilai islam menjiwai setiap gerak langkah dan kegiatan santri. Siswa juga dibekali tidak hanya ilmu alat. Kemampuan bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Namun juga tsaqofah islam kuat. Kepribadian islam (nafsiyah islamiyah). Pola pikir islami (fikriyah islamiyah).

Salah satu orang tua bangga melihat anaknya kelas 5 kelihatan masih manja dirumah. Ketika tampil luar biasa. Dirumah juga selalu menghafal dengan setor ke ustaz dan kyai kampung. Alhamdulillah sudah bisa menghafalkan juz 1 dan juz 30. Semoga kedepan akan jadi anak yang hafiz dan hafizah tuturnya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Anak-anak yang cerdas.menguasai Kitab Allah dan sekaligus mampu bahasa inggris, Bahasa Arab, pola fikir Islamy, dan kepribadian Islamy. Barakallah Pak Guru sehat selalu..

05 May
Balas

Alhamdulillah sae sehat p legimin..sukses selalu utk bapak matur nuwun sudah mau mampir dan comen dilapak kami..hehe..

05 May



search

New Post