Edy Siswanto

Dr. Edy Siswanto, S.Pd., M.Pd. adalah Doktor Bidang Manajemen Kependidikan Universitas Negeri Semarang (Unnes), Pemerhati Politik dan Pendidikan, Lulus ter...

Selengkapnya
Navigasi Web
Penulis bersama Om Jay dan Bambang Susetyanto, Pebi, Budiyono dan satunya lupa hehe..

"Tangkal Hoaks dan Lindungi Data Pribadi"

"Tangkal Hoaks dan Lindungi Data Pribadi" Hasil Workshop Nasional Penyusunan Bahan Ajar, Literasi Digital, Pengaman Privasi dan Perlindungan Data Pribadi

Edy Siswanto

Ikatan Guru Teknologi Informatika (IG TIK) yang berada di bawah Asosiasi Profesi dan Keahlian Sejenis (APKS) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Mengadakan "Workshop Nasional Penyusunan Bahan Ajar, Literasi Digital, Pengaman Privasi dan Perlindungan Data Pribadi", bertempat di SMP Negeri 5 Yogyakarta, Jalan Wardani No 1 Kota Baru, Gondokusuman Yogyakarta. Sabtu, 19 Oktober 2019.

Dalam sambutannya Wijaya Kusuma yang sering dipanggil Om Jay, selaku panitia menyampaikan acara bertujuan melatih dan merefresh ulang tim penyusun buku dan bahan ajar baik SD, SMP maupun SMA/SMK. Kepada penulis yang sudah bekerjasama dengan penerbit Andi Offset Yogyakarta. Untuk segera menyelesaikan buku yang sedang atau akan dikerjakan. Karena sudah ditunggu pihak penerbit.

Tahun ini akan mengadakan acara lomba OTN (Olimpiade Teknik Informatika Nasional). Bersamaan dengan momen HUT PGRI ke 74 dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2019. Tanggal 31 Oktober 2019, berupa seminar Nasional "ICT For Better Future" Inovasi Teknologi Pembelajaran Abad 21 untuk Indonesia 4.0. Disusul Tanggal 1-2 Nopember 2019 lomba OTN. Bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan Jakarta.

Kepada guru penulis untuk ikut berkontribusi mengikuti seminar, baik sebagai peserta maupun narasumber. Mengirimkan peserta didiknya mengikuti lomba OTN. Dibarengkan pameran produk epson berbagai jenis dan elektronika lain. Disediakan juga stand khusus untuk guru penulis yang mau memajang produk karya buku yang sudah dibuat. Tutur Om Jay.

Dilain pihak, Ketua IG TIK Bambang Susetyanto menyampaikan, para guru yang sudah tergabung dalam tim penyusun buku. Untuk segera menyelesaikan. Terutama buku teknik informatika yang masih langka. Sangat di butuhkan disekolah. Ditunggu buku-buku lainnya. Sebagai bahan ajar untuk kelas 5 dan 6 SD. Kelas 8 dan 9 SMP. Kelas 11 dan 12 SMA/SMK. Setelah sebelumnya tim sudah menyelesaikan buku di kelas 4 SD, 7 SMP dan 10 SMA/SMK.

Bambang lebih lanjut menyampaikan, peluang menulis buku masih banyak terutama di SMK. Tak hanya bidang informatika, namun juga bidang teknologi lain semisal otomotif.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari PB PGRI, Kompas.id, dan Epson. Dengan memberi sertifikat workshop 32 jam. Acara juga dihadiri wakil ketua PGRI Provinsi Yogyakarta, Mamad.

Adapun materi workhsop meliputi. Pertama, Cara menyusun dan menerbitkan buku oleh Joko Irawan Mumpuni dari Andi Offset Yogyakarta. Kedua, tentang perindungan data pribadi dan internet sehat oleh mas Matahari Timoer (MT). Ketiga, Hoaks, bahayanya dan cara mencegahnya oleh Septiaji Eko Nugroho, Chairman Of Mafindo.

Dengan diawali pengenalan teknologi terbaru slide proyektor Epson oleh Ardian, untuk pemanfaatan belajar di kelas. Dikenalkan macam dan jenis proyektor dari Epson. Dimana sinar proyektor tak menutup menghalangi. Cukup dengan menyentuh di tembok layar, bisa menulis dan menyimpan tampilan presentasi.

Dari kompas.id memperkenalkan inovasi terbaru kompas untuk membantu guru menyiapkan bahan ajar di kelas. Memungkinkan guru bisa mengakses semua produk Kompas.id. yang sudah kerjasama dengan PGRI. Terpenting tulisan guru bisa dimuat dalam Kompas.id yang cukup "bergengsi".

Acara dilanjut dengan pemberian doorprize oleh sponsor epson. Dua buah printer untuk penulis yang beruntung. Saru printer epson diberikan kepada tuan rumah. Mewakili SMPN 5 Yogyakarta. Satunya yang beruntung kepada guru penulis asal Magelang.

Salah seorang peserta asal kediri merasa senang mengikuti acara workshop ini selain menambah ilmu, bisa diterapkan disekolahnya, menulis buku untuk aktualisasi, reputasi dan tentu bisa menambah koin dan poin ujarnya.

Kepada panitia, terutama Om Jay diucapakan banyak terima kasih. Tak hentinya keliling mencerdaskan anak bangsa. Juga sambutan hangat tuan rumah ibu Nur kepala SMPN 5 Yogyakarta. Sekolah unggulan peraih nilai UNBK tertinggi nasional. Maju terus dan sukses selalu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren perlu diketuk tularkan

08 Mar
Balas



search

New Post