Effen Effendi

Lahir di Garut, saat ini menempati rumah impian di Kota Bekasi. Bertugas di Direktorat Dikdasmen YPI Al Azhar Jakarta. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

621. Perlu Ketenangan

Dalam menyikapi suatu masalah diperlukan ketenangan hati, karena keputusan untuk melakukan sesuatu harus dipikirkan dan dirasakan matang-matang. Tindakan yang dilakukan tanpa berfikir panjang akan membuat sesuatu yang diluar dugaan. Saat dokter agak sedikit memarahi karena penulis tidak pernah kontrol dan konsultasi atas penyakit yang diderita. Tiba-tiba muncul rasa panik atas nasehatnya bahwa hari ini juga harus dicek lab untuk mengetahui perkembangan sakit selama tiga bulan.

Pemeriksaan darahpun dimulai, hati berdebar, kalau prediksi dokter dengan melihat adanya penyusutan berat badan merupakan efek dari penyakit yang dialami. Angka melebihi enam sudah dipastikan harus dirujuk ke Dokter Spesialis Dalam. "Pak, nanti kalau hasilnya melebihi angka 11, 12, 13 maka akan menjalar ke organ lainnya. Dua tahun waktu yang tersisa untuk dapat bertahan, tapi ya semua takdir Allah SWT.

Penulis dirujuk ke sebuah rumah sakit swasta dengan program BPJS, dan melanjutkan untuk menemui dokter spesialis dalam di rumah sakit. Tulisan dalam rujukan tersebut hanya dilakukan hari ini, namun waktunya sampai bulan Oktober 2022. Rasa penasaran pun muncul, dan langsung menghubungi pihak rumah sakit, namun dokter spesialis itu pada hari ini sudah penuh, untuk 10 orang dan membuka praktek malam pukul 08.00.

Akhirnya, penulis terpaksa menunggu bertemu dokter tersebut sesuai dengan jadwal yang bersangkutan. Rasa penasaranpun muncul kembali dan tidak bisa menunggu advice dokter mengenai penyakit ini. Maka, aplikasi hallodoc, untuk sementara digunakan karena mendesak. Percakapan mulai dilakukan selama 25 menit, bertanya tentang hasil lab, dan apa yang dilakukan. Al hamdulillah, cukup menenangkan hati, dan mengurangi kepanikan. Penulis mulai menata kembali program untuk penyembuhan, sehingga bisa jadi, atas takdir Allah SWT., penyakit itu diangkat dan normal seperti biasa.

Bekasi, 15 Juli 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post