Effen Effendi

Lahir di Garut, saat ini menempati rumah impian di Kota Bekasi. Bertugas di Direktorat Dikdasmen YPI Al Azhar Jakarta. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

627. Belajar Berbasis Adab

Istilah ini sudah sangat familiar dalam dunia pendidikan, namun pemahaman terhadap istilah ini belum merata di setiap guru. Pembelajaran adalah proses interaksi antara pendidik dan murid dalam suasana pembelajaran yang penuh inspirasi dan bertujuan untuk menjadikan murid sebagai manusia yang baik.

Adab adalah istilah yang diambil dari bahasa Arab, artinya sangat luas berbeda dengan akhlak. Adab itu sendiri diartikan seluruh ucapan dan perbuatan yang baik berdasarkan kepada sumber ajaran yang benar, yaitu Al Quran dan Al Hadits. Berbeda dengan sopan, santun, yang disepakati oleh manusia tertentu. Karena itu, adab bukan kesepakatan manusia, tetapi berdasarkan kepada keyakinan, iman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.

Bagaimana Adab ini muncul dalam pembelajaran?, tentunya dapat dilihat dari berbagai macam bentuk pelaksanaan. Adab guru lebih diutamakan dalam pembelajaran, karena dia merupakan teladan bagi seluruh murid. Adab guru terhadap dirinya akan mempengaruhinya dalam pembelajaran, misalnya: guru mengikhlaskan dirinya dalam mengajar, tidak sombong, menjauhi perbuatan dan perkataan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Guru berwudhu sebelum mengajar merupakan salahsatu adab sebelum mengajar.

Pembelajaran berbasis Adab sebenarnya sebuah proses mendorong dan mengarahkan murid untuk mengenali konsep-kknsep keilmuan secara mendalam sehingga pada akhirnya, dia dapat mengakui bahwa ilmu yang dipelajari itu untuk mengenal Allah SWT., misalnya: murid belajar berhitung untuk mengenali bahwa disiplin itu bagian perintah Allah SWT. Jadi, belajar tidak hanya untuk memecahkan soal, namun lebih bermakna, jika pembelajaran itu dapat memecahkan persoalan hidup.

Bekasi, 25 Juli 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post