Effi Hastiati

Mengajar di SMP Negeri Kota Cimahi Jawa Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Perkenalkan! Cara cepat membuat TTS

Perkenalkan! Cara cepat membuat TTS

Pembelajaran merupakan proses pembimbingan terhadap peserta didik dengan memperhatikan tingkat perkembangan siswa yang tidak selalu memiliki kecepatan perkembangan yang sama. Sehingga harus menempatkan siswa sebagai subyek yang memiliki keunikan dan kekhasan masing-masing.

Keragaman kemampuan siswa sering menimbulkan masalah, ada siswa yang sangat cepat dan ada siswa yang merasakan kesulitan tetapi mereka segan bahkan takut untuk bertanya kepada guru. Kesulitan yang dialami oleh sekelompok siswa tersebut dapat diatasi melalui metode Kolaborasi.

‘Kolaborasi adalah seorang atau beberapa orang murid yang ditunjuk dan ditugaskan untuk membantu murid-murid tertentu yang mengalami kesulitan belajar. Bantuan yang diberikan oleh teman sebaya pada umumnya dapat memberikan hasil yang lebih baik. Hubungan antar murid terasa lebih dekat dibandingkan dengan hubungan antara murid dengan guru’. (Moh.Surya, 1985).

M.Sobry Sutikno (2007) mengatakan bahwa ‘….untuk mencapai hasil belajar yang optimal, dianjurkan agar pendidik membiasakan diri menggunakan komunikasi banyak arah atau komunikasi sebagai transaksi, yakni komunikasi yang tidak hanya melibatkan interaksi dinamis antara pendidik dengan siswa melainkan juga melibatkan interaksi dinamis antara siswa yang satu dengan siswa lainnya.’

‘Guru disarankan selalu melaksanakan pembelajaran dalam kelompok-kelompok belajar. Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok yang anggotanya heterogen, yang pandai mengajari yang lemah, yang tahu memberitahu yang belum tahu, yang cepat menangkap mendorong temannya yang lambat, yang mempunyai gagasan segera memberi usul, dan seterusnya’. (Trianto, 2007).

Dari uraian pendapat tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa Kolaborasi adalah sebuah proses belajar dengan difasilitasi oleh satu orang siswa atau lebih untuk membimbing siswa sebayanya yang mengalami kesulitan dalam belajar, sehingga interaksi antar siswa akan tumbuh dinamis, penuh kasih sayang, disiplin, dan memiliki komitmen belajar yang tinggi. Kolaborasi dinamakan juga sebagai pembelajaran sejawat yang bekerja dalam kelompok-kelompok kecil.

Penggunaan TTS dalam pemberian tugas di kelas, merupakan salah satu upaya agar siswa termotivasi mengerjakan tugas sampai tuntas dan dapat dikerjakan melalui kegiatan belajar kolaborasi dengan kelompok 2 atau 4 orang. Dalam hal ini penulis membuat TTS menggunakan software aplikasi Crossword Forge sehingga lebih mudah pembuatannya. Hal tersebut disampaikan oleh Ahli Kompie in Software (htpps://ahlikompie.com, 24/08/2015, 11.02)

‘…sebuah aplikasi yang dapat membantu anda membuat satu atau lebih teka teki silang yang hasil buatan anda dapat disajikan dalam bentuk web interaktif, dicetak atau dalam bentuk format pdf. Nama aplikasi pembuat teka teki silang ini adalah Crossword Forge yang dibuat oleh Sol Robots.’

TTS dapat mengundang minat dan partisipasi siswa untuk secara aktif berfikir saat pembelajaran berlangsung, sehingga peserta didik menjadi lebih bersemangat dalam belajar. Belajar melalui tugas dalam bentuk TTS menimbulkan suasana bermain yang mengandung unsur pendidikan ketika peserta didik membuka buku, membaca dan mencari jawaban bersama dengan teman satu kelompok untuk menjawab pertanyaan dalam TTS.

Nilai positif yang dapat berkembang dengan tugas TTS adalah: ‘Teka Teki Silang yang digunakan akan memberikan nilai yang positif bagi peserta didik. Hal ini disebabkan karena dengan menjawab dan mengerjakan bersama peserta didik akan selalu berlomba untuk dapat menemukan jawabannya dengan benar sehingga akan muncul persaingan sehat.

Rasa kebersamaan yang tinggi akan tumbuh, karena bagi peserta didik yang menemukan jawaban akan dapat menjawab teka teki silang tersebut dan peserta didik lain dalam kelompoknya juga akan mengetahui jawaban yang benar.’ (www.wawasanpendidikan.com)

Bagaimana cara membuat TTS secara cepat?

1. Install aplikasi CROSSWORD FORGE

2. Buka Aplikasi CROSSWORD FORGE

3. Klik TITLES

Di kotak Primary : (Ketik Judul TTS)

Di kotak Secondary : (Ketik Sub Judul)

Jangan centang (show answers in preview)

4. Klik CLUES

Di kotak Clues : (Ketik Pertanyan)

Di kotak Answer : (Ketik Jawaban)

Klik Next untuk membuat pertanyaan berikutnya.

5. Klik BACKDROP

Centang No Backdrop

6. Klik Puzzle

Centang Crossword : untuk membuat TTS

Centang word Search : untuk memilih kata

7. Klik Advanced :

Klik Make Puzzle

Selesai sudah TTS kita, tinggal di Print

Selamat mencoba!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

tulisan yang bagus dan inspiratif. Tulisannya keren.

19 Mar
Balas

Alhamdulillah, terimakasih pak sudah berkunjung.

19 Mar
Balas

Alhamdulillah, semoga manfaat. Sami2.

20 Mar
Balas

Wah, boleh dicoba nih. Supaya siswa lebih semangat... Nuhun.

19 Mar
Balas



search

New Post