Effi susanti

Nama lengkap penulis Effi Susanti, kesibukannya sebagai seorang pendidik di sebuah madrasah pinggir kota Sidoarjo. Masa pandemi merupakan keberuntungan baginya,...

Selengkapnya
Navigasi Web

Nyekar

#Tagur 288/1198

Belum lengkap rasanya jika pulang kampung pada momen Hari Lebaran belum mampir ke Makam orang tua (bàgi yang sudah meninggal) atau ke makam para leluhur kita untuk nyekar (jawa).

Hal tersebut sebagaima telah ditegaskan dalam HR. Ibnu Majah:

"Berziarahlah kalian ke kuburan, karena sesungguhnya hal itu dapat mengingatkan kaliàn pada kehidupan akhirat."

Berziarah ke makam memiliki tujuan mengingatkan kita pada kematian atau hari akhir. Sesungguhnya pada akhirnya semua manusia akan mengalaminya. Tinggal menunggu kapan saatnya tiba

Nyekar (ziarah kubur) ke makam orang tua dengan keperluan untuk mendoakan mereka. Hal tersebut menjadi bukti bakti seseorang kepada keduanya yang telah meninggal.

Dampit_13 April 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Betul sekali Bu

13 Apr
Balas

Terima kasih Pak Sugiryo, sudah berkunjung

13 Apr



search

New Post