Efi Sufiah

Seorang pensiunan guru yang sedang asyik menggeluti hobby sebagai crafter sambil mengasuh cucu. Tertantang untuk menaklukan ketidakmampuan menulis, dengan mula...

Selengkapnya
Navigasi Web

Air Tuba Dibalas dengan Air Susu

Jika di hadapan kita ada seseorang yang egois, seseorang yang terus menerus meremehkan dan mempermalukan kita. Bisa saja dalam hubungan antara murid dengan guru, antara murid dengan murid lainnya, di lingkungan keluarga atau di lingkungan kerja. Ubah saja dia menjadi menghormati kita.

Teman saya, Siska mempunyai pengalaman, dia mempunyai rekan kerja seorang guru di sekolahnya yang sombong, tidak mau menghargai dia sebagai pimpinan sekolah tersebut. Dalam keseharian, terang-terangan guru tersebut meremehkan dia dan sering mempermalukan dia dalam rapat misalnya.

Siska merasa terganggu dengan sikap guru tersebut, setiap bertemu tentu dia merasa kesal. Dia ingin guru tersebut tidak ada di hadapannya. Sampai suatu saat ,dia mencoba sebuah cara dengan menerapkan air tuba dibalas dengan air susu, hehehe dibalikkan .

Pertama yang Siska lakukan , setiap bertemu dia selalu menyapa dan menyunggingkan senyuman manis, bertanya tentang keadaan keluarganya. Pura-pura tidak tau bahwa orang tersebut menyebalkan. Dia menunjukkan sikap yang nyaman berhadapan dengan guru tersebut. Mula-mula dipaksakan, lama-lama terbiasa, berhadapan dengan guru itu tidak lagi mmengganggu hatinya.

Yang kedua yang dia lakukan, meskipun tidak dirasakan perlu, dia pura-pura menanyakan pendapat atau nasihat dari guru tersebut tentang sesuatu. Meskipun jawabannya tidak sesuai dengan harapan dan harus tahan dengan sikap arogannya. Siska menunjukkan sikap hormat, antusias mendengar pendapatnya dan tak lupa mengucapkan terima kasih.

Ketika di dalam rapat dia mengkritisi dan selalu menyalahkan Siska, Dia menerimanya dengan senyum, dan tetap mendengarkan dengan penuh hormat, dan menghargai pendapatnya, alih-alih membela diri dan menentangnya.

Semua orang di sekolah itu mengetahui bagaimana sikap guru tersebut kepada Siska, tetapi Siska sengaja menunjukkan di depan umum bahwa dia baik-baik saja.

Dan sekarang, Siska nyaman, senang, dan dihargai . Guru tersebut bukan saja menghormati Siska bahkan dia terang-terang menyukai Siska sebagai pimpinannya.

Itulah, resep mengubah cara seseorang memperlakukan kita, Air tuba dibalas dengan air susu.

Kutamaya, 15 Februari 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Selalu ada hikmah yang kita dapatkan

16 Feb
Balas

Betul , makasih kunjungannya, salam sehat

21 Feb

Mantap paparannya, Ambu. Jadi inget pengalaman sendiri. Asa pengen dijadikan cerita. Selama ini. enin tak pernah membangun kisah berdasarr kejadian yang dialami sendiri. Tapi kisah dalam cerita Ambu, benar-benar terjadi menimpa enin. Serupa walau tak sama.

15 Feb
Balas

Sok ah jadikeun cerita. Ambu mah can pinter

16 Feb

Menarik..judulnya di balik..maka jadi baik..Cerdas Bunda

15 Feb
Balas

Hehehe ...nuhun Neng

15 Feb

Btl bgt bunda. Sy ngalami sendiri. Meski sy bkn kepsek. Dan yg gapteknya totalitas itu si nyebelin ini...he he.. sy pura2 ga tau...

16 Feb
Balas

Hehehe... harus banyak sabar

21 Feb

Ini yang harus kita terapkan selalu ya, Bunda. Kejahatan dibalas dengan kebaikan.

15 Feb
Balas

Iya ... tapi kalo nggak mempan kita harus tegas

16 Feb

Sudah saya follow bunda..

15 Feb
Balas

Terima kasih yaa

15 Feb

Terima kasih yaa

15 Feb

Keren Bunda... kalau air tuba dibalas air tuba..sama dong dengan dia. Sehat selalu Bunda Efi.

15 Feb
Balas

Iya ... salam sehat . Makasiih ya

15 Feb



search

New Post