Efi Sufiah

Seorang pensiunan guru yang sedang asyik menggeluti hobby sebagai crafter sambil mengasuh cucu. Tertantang untuk menaklukan ketidakmampuan menulis, dengan mula...

Selengkapnya
Navigasi Web
Begin theThe End

Begin theThe End

Oleh efi sufiah

 “ Begin with the End in Mind, “ memulai sesuatu dengan memikirkan tujuan akhir,  kata  Stephen R. Covey  dalam bukunya The 7 Habits of Highly Effective People.  Buku ini  sebenarnya berbicara mengenai pengembangan karakter , tentang 7 kebiasaan manusia yang sangat efektif. Tujuh kebiasaan yang akan mengantarkan manusia pada kemandirian, kemenangan interdepensi ketika bekerja dengan orang lain dan kebiasan membarukan dirinya setiap saat. Tujuan akhirnya adalah menjalani hidup yang lebih bahagia .

Terinspirasi dari  beliau akhirnya saya punya motto  kerja : Mulailah dari Akhir.

Ketika membuat sebuah program, saya mengacu pada pikiran mental, apa tujuan akhir dari program ini dan bagaimana program ini harus dipertanggungjawabkan kepada berbagai pemangku kepentingan .

Ketika kita membuat program pembelajaran, kebiasaan kita hanya melihat silabus, silabus yang dilihat pun hanya silabus yang yang langsung berkaitan dengan di kelas berapa saya mengajar. Jarang  kita melihat silabus mata pelajaran secara utuh dari awal sampai akhir.

Apalagi silabus lintas mata pelajaran, mana sempet kita baca. Padahal kita menjadi bagian dari proses mendidik anak kita secara utuh. Seorang siswa yang memiliki capaian pembelajaran di bidang tertentu selama sekian tahun  , dan kita bagian di dalamnya.

 Yang jarang dilakukan oleh guru adalah , melakukan literasi tentang  pedoman -pedoman, peraturan-peraturan yang terkait dengan tugas kita. Kurikulum yang digunakan di sekolah juga wajib dibaca, karena tugas kita adalah menjalankan pencapaian pembelajaran yang sudah diterakan dalam kurikulum operasional sekolah.

Ketika kita membuat program pembelajaran, di sana sudah diantisipasi. Bagaimana nanti pekerjaan saya dipertanggungjawabkan dalam Supervisi , penilaian kinerja guru, akreditasi, kenaikan pangkat bila PNS, EDS dan lainnya. Seperti dokumen yang harus ada dan seperti apa.

Dengan bekerja seperti itu, kita tidak kelabakan bila kita diminta pertanggungjawaban pekerjaan kita. Dalam 12 bulan kita bekerja ,mungkin  perlu satu bulan untuk literasi tentang pekerjaan kita.

 

Kutamaya 9 Februari 2022

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantab Bunda...1 bulan untuk literasi pekerjaan kita.

09 Feb
Balas

Makadih neng

10 Feb

ulasanya mantul,... menginspirasi, salam sehat selalu..

09 Feb
Balas

Nuhuuun Pak Sis

10 Feb



search

New Post