Efnita

Guru PAI SMP N 2 Koto Baru kab. Dharmasraya...

Selengkapnya
Navigasi Web
Menulis tanpa ide

Menulis tanpa ide

Menulis Tanpa Ide

Peserta Pelatihan guru menulis dan menerbitkan buku.

Kalau kita tak punya ide dalam menulis, maka lihatlah barang barang yang ada di sekitar kita. Barang barang itu menjadi sebuah cerita yang menarik.

Ini kata motivasi yang di gaungkan oleh motivator Om Wijaya Kusumah dengan nama keren omJay. Wak hasil seperti ini jadinya tulisan ku...

1. Spanduk.

Dalam pelatihan menulis kali ini sungguh menarik. Dengan tema "pelatihan buku ajar dan literasi digital" yang dilaksanakan oleh komunitas pegiat literasi digital.4 0 Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan bagus ini dilaksanakan selama 2 hari di hotel Umega mulai tanggal 14 sampai 15 Desember 2019. Kegiatan workshop dimeriahkan dengan pemateri dari nara sumber tingkat nasional. Mereka adalah omjay dari Jakarta dan bunda Sri Astuti dari Solo.

2. Layar

Panitia dan pengelola hotel menyiapkan berbagai fasilitas. Salah satunya sebuah layar yang disediakan dalam pelatihan ini yang digunakan oleh pemateri yakni bapak Wijaya Kusumah yang lebih dikenal dengan panggilan omjay. Om Jay lebih senang dipanggil om ketimbang dipanggil bapak karena biar kelihatan lebih muda begitu alasannya.. bisa aja.. ..Banyak cerita humor diceritakan omjay sehingga kami tidak mengantuk.

3. Slide proyektor

Alat bantu yang digunakan dalam pelatihan ini antara lain berupa slide master atau slide proyektor. Adanya slide proyektor merk epson sangat membantu peserta dalam memahami materi yang disampaikan para nara sumber. Ada banyak slide presentasi berupa materi tentang bahan ajar yang ditulis kemudian materi tentang literasi digital. Semua dapat digambarkan dalam slide tersebut. ada kreativitas peserta dalam hal ini daripada menulis slide yang ditampilkan oleh pemateri peserta lebih senang mengabadikan dengan kamera ponsel masing-masing sehingga slide slide yang ditampilkan dapat diulang kembali melihatnya setelah materi diberikan. walaupun kata sang pemateri slide presentasi tersebut akan diberikan seluruhnya kepada peserta di akhir acara.

4. Laptop

Dalam pelatihan ini untuk menampilkan slide pastinya di digunakan laptop yang akan menampilkan slide-slide dengan indahnya. Menurut pemateri bapak Wijaya Kusumah, laptop yang digunakannya kali ini merupakan hadiah dari juara Inobel yang pernah diikuti beliau. Pemateri juga bertanya kepada peserta apakah peserta tahu berapa harga sebuah laptop yang dimilikinya. Tentunya peserta tidak tahu harganya, oleh sebab itu omjay memberitahu bahwa harga laptopnya kisaran 10 juta yang jika dibeli dengan uang kantong sendiri tidak akan sanggup mengeluarkan sejumlah 10 juta tersebut, tetapi karena merupakan hadiah, maka Om Jay mampu memiliki laptop yang super mahal tersebut.

5. AC

Panitia penyelenggara tidak lupa untuk menyediakan alat pendingin ruangan. Kabupaten daerah Dharmasraya merupakan daerah yang suhu udaranya sangat panas sehingga membutuhkan alat pendingin agar peserta dengan nyaman dapat mengikuti kegiatan pelatihan ini tanpa harus mengeluh cuaca panas.

6. Kipas angin

Tidak hanya itu bahkan peserta juga dibekali dengan kipas angin jika seandainya AC yang ada dalam ruangan mengalami kendala atau kerusakan pada waktu yang tidak ditentukan. Luar biasa juga perhatian panitia terhadap peserta demi kenyamanan pelatihan yang sifatnya regional. Kipas angin digunakan sebagai cadangan bila ac kurang dingin.

7. Tempat minum/konsumsi

Dalam ruangan sekitar 8 kali 9 m ini panitia langsung menyediakan tempat untuk minum atau coffee break dan konsumsi makan siang. Ini artinya peserta tidak perlu keluar ruangan atau mencari tempat untuk penuhi kebutuhan makan siang dan snack pagi dan sore. Semua sudah tersedia di dalam ruangan tersebut.

Hal yang menarik dari makan siang dengan pemateri kali ini ketika beliau mengatakan sangat suka rendang Padang. Sambil makan omjay memamerkan rendang yang dia dapat dalam menu makan siang. Wow sambil menggigit-gigit rendang yang masih tersisa omjay mengatakan bahwa rendang adalah makanan favoritnya.

8. Meja/kursi

Meja dan kursi sudah siap di ruangan. Melalui prediksi panitia bahwa peserta yang akan datang akan banyak dengan anggapan jika seluruh sekolah mengirimkan satu orang saja perwakilan sekolahnya mengikuti pelatihan maka jumlah kursi yang tersedia dengan jumlah peserta akan berbanding seimbang. oleh sebab itu kursi dan meja sudah tersedia sebanyak peserta. kenyamanan yang diberikan pada tempat duduk dengan alas meja dan kursi layaknya meja dan kursi pada pesta pernikahan ala ala sekarang yang berada di luar ruangan. Meja di alas dengan alas meja yang punya rempel-rempel yang cantik dilapisi dengan alas meja berwarna merah hati sementara simpelnya berwarna putih. elegan.. itu kesan yang cocok untuk penampilan meja dan kursi pada pelatihan kali ini.

9. Buku blogger ternama

Bapak Wijaya Kusumah yang akrab dipanggil om Jay membagi-bagi bukunya sebagai door prize terhadap beberapa peserta dengan kategori kategori yang ditetapkannya pada saat pelatihan berlangsung. Judul bukunya sangat menarik dan kami senang menerima bukunya. Anda bisa bukunya dengan harga Rp. 62.700

9. Penulis buku blogger ternama

Bapak Wijaya Kusuma yang akrab dipanggil om Jay membagi-bagi bukunya sebagai door prize terhadap beberapa peserta dengan kategori kategori yang ditetapkannya pada saat pelatihan berlangsung. Judul buku blogger ternama sebanyak 3 buah pertama diberikan kepada peserta yang mampu menjawab pertanyaan beliau tentang menteri pendidikan pertama di Indonesia. kemudian buku blogger ternama kedua diberikan kepada 3 peserta yang mampu membacakan tulisan tanpa ide yang ditugaskan oleh omjay dan dianggap baik tulisannya. 1 kategori yang lumayan unik adalah kategori peserta yang menanyakan harga harga buku blogger ternama tersebut pun mendapatkan hadiah buku. Luar biasa perhatian beliau terhadap peserta walhasil ada 7 buku yang melayang dengan indah ke tangan peserta tanpa harus mengeluarkan "kocek" untuk mendapatkannya.

10. Sound system

Dalam ruangan pelatihan juga tersedia sound system yang berfungsi sebagai alat bantu untuk memperjelas ungkapan sampaian yang diberikan oleh pemateri. 2 buah microphone, satu wireless dan satu speaker berfungsi dengan baik sehingga apa yang disampaikan pemateri dalam hal ini omjay dapat didengar dengan jelas. Peserta pun puas.

11. Lampu

Hanya saja saat lampu mati atau arus listrik tidak berjalan dengan semestinya sound system pun tidak dapat digunakan dengan maksimal namun demikian itu tidak menghalangi pemateri untuk menyampaikan apa apa yang semestinya disampaikan. hal ini pemateri mengatakan bahwa seorang pemateri tidak boleh terpaku hanya pada slide yang digunakan atau pada listrik yang ada bahkan pada sound system yang disediakan. Yang terpenting bagi seseorang pemateri atau bagi bapak ibu guru adalah menguasai materi sehingga jikalau semua fasilitas itu tidak ada pelaksanaan pembelajaran tetap berlangsung dengan baik. Tidak ada istilah mengeluh karena sound system jelek atau listrik mati atau mikrofon tidak berfungsi seyogyanya seorang guru sudah mempunyai amunisi cadangan yaitu ilmu yang sudah menempel di dalam dirinya.

12. Bendera merah putih

Rupanya tidak hanya alat dan akomodasi saja yang disediakan oleh panitia dan pemilik tempat ( hotel umega). Ternyata bendera merah putih pun berkibar dengan indahnya dalam ruangan. Artinya nilai kebangsaan tidak lupa disematkan dalam pelatihan. Hal lain sebagai bukti rasa kebangsaan itu melekat dengan baik-baik dan sudah menjadi karakter adalah mengawali kegiatan dengan menyanyikan lagu Indonesia raya yang diiringi oleh instrumen yang syahdu.

13. Air nimeral

Peserta pun di sela-sela pelatihan diberi kebebasan untuk melepaskan dahaga Dengan meminum air mineral yang telah tersedia di samping ada kopi break tentunya ada makan siang dan Snack sore. Minum air putih sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Akhirnya menulis tanpa ide membuat saya menjadi bisa menulis dan merangkai kata menjadi sebuah kalimat yang bermakna. Terima kasih Omjay.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

semoga terus menulis, http://wijayalabs.com/2013/07/04/ketika-guru-menulis-ngeblog/

15 Dec
Balas

Kereeeen, tanpa ide, manfaatkan lingkungan dengan panca indera. Sukses selalu dan barakallahu fiik

15 Dec
Balas

Keren mantul

15 Dec
Balas



search

New Post