Eka Andrijan Novianto

Dokter Hewan bagi saya sebuah harga mati. Apalagi ini jadi cita citaku sejak kecil. Sampai aku tiada, aku akan dikenang sebagai dokter hewan. Ada visi dan misi ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ketika Anda Diare ? Bagaimana Tips mengatasinya ?
Sehat Tubuh dan Jiwaku

Ketika Anda Diare ? Bagaimana Tips mengatasinya ?

Diare , maaf , adalah suasana yang begitu mengganggu. Tambah lagi disertai perut sakit . Berkali-kali harus menuju kamar kecil untuk meminimkannya. Ijinkan Saya berbagi pengalaman saat gejala awal. Dikatakan diare jika bentuk kotoran encer dan lebih dari tiga kali dalam sehari .

1) Segera hentikan makan yang kasar sebaiknya ganti dalam bentuk bubur.

2) Segera minum cairan elektrolit bersifat mengganti cairan. Anda bisa beli di toko minuman pengganti elektrolit. Jangan minum air putih biasa atau yang manis saat mulai diare. Cairan elektrolit akan menggantikan cairan yang banyak hilang.

3) Jika merasa ingin buang air besar segera buang dan habiskan biar ampas terkuras meski harus berkali-kali ke kamar kecil

4) Perlu di pastikan penyebab diare. Apakah salah makan, akibat bakteri, atau stres . Agak susah mendeteksi penyebabnya apalagi Anda bukan seorang dokter. Pertolongan awal Anda bisa meminum sediaan anti diare. Yang ada dipasaran seperti merk diagit, norit atau enterestop. Makan satu tablet dulu, jika masih diare setelah dua jam minum Anda bisa meminumnya satu tablet lagi. Kalau perlu makan dua tablet. Intinya secepatnya diare mampat alias berhenti selain itu membantu hindari perut sakit

5) Kendalikan stres . Jika salah makan trik diatas sangat diandalkan. Konsumsi dua tablet biasanya sudah mulai ada kemajuan. Deteksi apakah ada penyebab stres. Urut dengan bijak. Diare bisa akibat pikiran kalut. Hayo evaluasi dan selesaikan.

6) Titik kritis ada disini saat masih belum ada kemajuan maka obat anti diare dan minuman elektrolit di teruskan. Disini Anda perlu bantuan antibiotik. Saran saya Anda ke dokter dahulu

7) Makan makanan sedikit dan lunak, terbaik makan bubur. Makan tidak terlalu banyak cukup 1/4 porsi. Lakukan pengamatan dua jam kemudian jika aman dengan tidak ad diare lagi , Anda bisa lanjutkan makan bubur lagi. Selama sehari sebaiknya minum cairan elektrolit.

8) Jika belum sempat ke dokter beberapa antibiotik yang mungkin bisa dikonsumsi untuk sementara waktu yakni amoxicillin atau metronidazole. Amoxicilin untuk dewasa 3x1 tablet yang ukuran 500 mg. Metronidazole orang dewasa 2x1 tablet (500mg). Konsumsi minimal 3 hari . Jika sehari saja sudah sembuh tetap konsumsi sampai minim 3 hari agar tidak terjadi resistensi tubuh terhadap antibiotik.

9) Berdoalah jangan menjadi parah.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat selalu

Eka Andriyan N

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post