Eka Andrijan Novianto

Dokter Hewan bagi saya sebuah harga mati. Apalagi ini jadi cita citaku sejak kecil. Sampai aku tiada, aku akan dikenang sebagai dokter hewan. Ada visi dan misi ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Menghargai Massa Tubuh ?

Tubuh manusia Kita terdiri dari lemak tubuh (body fat) dan tanpa lemak (lean body mass). Tubuh tanpa lemak dibagi lagi atas tiga bagian, yaitu massa tulang, massa otot, dan cairan.

Massa otot terletak pada otot rangka, organ vital, dan jantung.

Otot rangka bagian dari sistem otot untuk menghasilkan gerakan menempel pada semua rangka dan harmonis. Otot di organ disebut otot polos yang terdapat di bagian dinding organ tubuh seperti saluran pencernaan, kandung kemih, pembuluh darah, hati , limfa, pangkreas, ginjal, rahim dan organ lain. Otot berfungsi berbeda, sesuai dengan letak dan posisinya di tubuh. Otot jantung yang merupakan otot yang hanya ditemukan di bagian jantung saja. Otot ini memegang peranan penting dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

Mengukur massa otot ada caranya. Ini berhubungan dengan berat badan, tinggi badan, jenis kelamin, usia . Kecanggihan teknologi memampukan rumusan itu di kemas dalam satu kali pengukuran dan sangat akurat. Saya memiliki satu timbangan canggih yang mampu mengukur lemak tubuh, lemak visceral, berat badan, massa otot, body massa index, derajat dehidrasi tubuh, dan kalori tubuh. Keren. Tidak mahal alat ini namun memiliki berjuta manfaat. Asyik. Intinya manfaat menjadi sehat.

Massa otot biasanya berkurang ketika usia semakin tua. Massa otot jika dipertahankan normal mencerminkan kesehatan tubuh. Dibawah ini standar berdasarkan jenis kelamin dan usia. Untuk pria pada angka 40-44% untuk usia 18-35 tahun, 36-40% untuk usia 36-55 tahun, 32-35% untuk usia 56-75 tahun dan tidak jauh dari 31% untuk usia 76-85 tahun.

Sedangkan untuk wanita, persentase massa otot idealnya adalah 31-33% untuk usia 18-35 tahun, 29-31% untuk usia 36-55 tahun, 27-30% untuk usia 56-75 tahun dan tidak terlampau jauh dari angka 26% saat usia 76-85 tahun.

Nilai massa otot turun diakibatkan tubuh kurang olahraga dan kurangnya asupan nutrisi yang mengandung protein dan kalsium. Disisi lain bisa disebabkan oleh penurunan fungsi tubuh. Kecenderungan hasil massa otot bernilai kurang . Pada usia lebih tua standar massa otot akan menurun ini sangat dimaklumi.

Pastikan melakukan pengukuran dengan rutin ideal seminggu sekali dan iringi dengan sebuah aktivitas dan perhatian terhadap nutrisi yang dikonsumsi. Alangkah baiknya Anda konsultasikan ke ahlnya. Semoga bermanfaat

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Salam literasi

27 Mar
Balas

Salam literasi kembali. Terima kasih sudah mampir

28 Mar



search

New Post