Eka Andrijan Novianto

Dokter Hewan bagi saya sebuah harga mati. Apalagi ini jadi cita citaku sejak kecil. Sampai aku tiada, aku akan dikenang sebagai dokter hewan. Ada visi dan misi ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Pemeliharaan Kucing  Indoor dan Obesitas
Penyayang Kucing

Pemeliharaan Kucing Indoor dan Obesitas

Pembatasan gerak kuciing indoor lebih terbatas dibandingkan kucing yang diliarkan (outdoor) . Ruang gerak terbatas di sisi yang berbeda pemilik selalu memberikan makanan secara terus -menerus (adlibitum). Bertolak belakang dengan kucing outdoor yang area luar tanpa batas dan harus bertahan mencari makan, yang tidak selalu ada.

Kehidupan kucing outdoor dipenuhi dengan berburu mangsa sebagai hewan karnivora. Sehari seekor kucing bisa berburu 100 kali dan dia butuh memangsa hewan -hewan lebih kecil untuk jadi makanannya. Naluri membunuh dan aktivitas sangat tinggi.

Situasi yang berbeda dalam aktivitas dan kesediaan makanan bagi kucing indoor dan outdoor berhubungan dengan sebuah kondisi yang disebut Obesitas.

Obesitas secara harafiah disebut kegemukan. Berbeda dengan over weight atau kelebihan berat badan. Over weight mendahului obesitas. Penentuan pasti status kondisi obesitas dan over weight bisa Anda tanyakan ke dokter hewan langganan. Obesitas terlihat badan membulat, kucing sulit berjalan dan bermalasan. Tulang rusuk tidak terlihat, tulang punggung tidak teraba. Kondisi obesitas harus melihat ras kucing, jenis kelamin dan usia. Bagi medis kedokteran hewan kegemukan sangat beresiko kepada penyakit metabolik dan komplikasinya.

Pada sisi pemilik hewan kucing obesitas terlihat lucu dan menggemaskan dan sering lupa bahwa gemuk bisa beresiko pada kehidupan saat usia bertambah.

Merubah pandangan kucing obesitas itu beresiko kepada kesehatan perlu perjuangan bagi para dokter hewan. Kesadaran muncul ketika saat penyakit akibat obesitas terjadi. Beberapa diantaranya diabetes, gangguan jantung, gangguan liver, problem persendian dan masih banyak lagi. Klien terhormat disini Saya menyampaikan agar Anda sebagai pemilik memahami resiko yang mengancam nyawa kucing kesayangan Anda. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Bagaimana jika terlanjur gemuk. Berkomunikasilah dan buat program bersama bersama dokter hewan kucing Anda. Untuk bersama menurunkan berat badan dengan sehat. Pilihlah seorang dokter hewan yang paham nutrisi dan mengatur diet serta aktivitas kucing Anda. Buatlah program bersama. Untuk topik bahasan ini akan Saya buat dengan tulisan topik berbeda.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post