Eka Mulyani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
#tantangan hari ke 28

#tantangan hari ke 28" Belajar dari Alam "

#Tantangan hari ke 28

Belajar dari Alam

Oleh : Eka Mulyani

Kejadian ini terjadi ketika libur sekolah lalu. Untuk para siswa, tentunya hari libur merupakan hari yang dinanti - nanti. Begitu juga dengan hakim ku ( anak sulungku ).

Libur yang lalu merupakan liburan yang paling bermakna Menurut nya. Karena pada liburan kemaren, banyak pelajaran yang di dapatnya dari alam. Seperti memancing belut, berenang di sungai, menjelajah kampung bersama si ayah, sampai mencari tanaman tanaman langka.

Pengalaman pertama nya adalah memancing belut. Dibenaknya selama ini, memancing belut itu sama seperti memancing ikan, menggunakan kail yang panjang dan umpan yang besar.

Ketika si ayah mempersiapkan alat pancing belut, yang ternyata hanya seutas tali yang sudah di rajut terlebih dahulu, dan diujungnya terdapat mata pancing yang terbuat dari besi yang kecil berbentuk melengkung. Di ujung lengkungan besi tersebut,kita letakkan umpan, boleh dengan cacing. Disini lah pelajaran pertama didapatnya.

" Yah,,,,kok pancing nya seperti itu " anak bertanya kepada ayahnya.

" Kalau pancing belut memang seperti ini, beda dengan pancing ikan " ayah menjelaskan.

Si anak pun mengangguk - angguk tanda paham.

Pelajaran kedua yang didapat nya adalah prose memancing belut. Ternyata untuk memancing belut, kita harus mencari sawah sawah dan memastikan ada banyak sarang belut disana. Bila kita sudah mendapatkan sarang atau lubang belut, maka tali pancing tadi kita masukkan ke dalam lubang tersebut, tunggu hingga umpan dimakan oleh belut. Bila sudah terasa, maka dengan cepat kita tarik tali tersebut. Belut pun dapat.

Pelajaran selanjutnya adalah ketika menjelajah kampung, keluar masuk Hutan. Disitulah pelajaran tentang alam didapatnya. Bagaimana dia tau nama nama pohon pohon yang ada di hutan, beraneka ragam jenis burung, sampai menemukan bunga bangkai yang telah mati.

Pengalaman - pengalaman ini , membuat nya mengetahui banyak hal di luar sana, sehingga setiap kali libur tiba, hasrat untuk menjelajah itu selalu hadir di catatan hariannya.

Ternyata benar pengalaman itu menciptakan pengetahuan pengetahuan baru dalam hidup.

Mari ajak dan ajarkan anak kita untuk belajar di alam agar lebih mengenal lingkungan sekitar.

#tantangan hari ke 28

Batutaba, 19 Februari 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Agar anak bisa bermain di alam.ya bu eka

19 Feb
Balas

Betul buk mis, terimakasih

20 Feb
Balas



search

New Post