EKA NURBULAN

Guru di SDN 10 Panai Hulu, Labuhanbatu, Sumatera Utara. Hobi menulis, membaca, dan menggambar. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

BAHAN AJAR UKIN PPG

#Hari Ke-8

#TantanganGuruSiana

Kegiatan PPG banyak mendapatkan tugas-tugas yang menarik dan mengembangkan keprofesionalan guru. Salah satunya adalah pengembangan Bahan Ajar. Bagi teman-teman yang kesulitan membuatnya, saya membagikan contoh Pengembangan Bahan Ajar Saat Saya UKIN PPG. Silahkan sebenarnya saya ingin memberikan filenya. tapi disini tdk bisa, saya tidak tahu caranya. hehehe

 

 

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR

 

 

A.    KOMPETENSI INTI

1.     Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

2.     Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, tetangga, dan Negara.

3. Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.

4. Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

 

B.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

 

Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

Indikator

3.10 Mencermati penggunaan huruf kapital (nama Tuhan, nama orang, nama agama), serta tanda titik dan tanda tanya dalam kalimat yang benar.

 

3.10.7. Membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan)

3.10.8. Menemukan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) sesuai aturan pada teks

4.10 Menulis teks dengan menggunakan huruf capital (nama Tuhan, nama agama, nama orang), serta tanda titik dan tanda tanya pada akhir kalimat dengan benar

4.10.7Menulis teks pendek dengan memperhatikan aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan)

 

 

     Matematika

Kompetensi Dasar

Indikator

3.6 Menjelaskan dan menentukan panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

 

3.6.         1. Menentukan konversi satuan waktu   (nama hari, minggu)

3.6.2. Memecahkan masalah konversi waktu (hari, minggu)

4.6 Melakukan pengukuran panjang (termasuk jarak), berat, dan waktu dalam satuan baku, yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

4.6.1. Menyajikan hasil pemecahan masalah sehari-hari tentang satuan waktu

 

C.   TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan mengamati gambar dan teks percakapan, siswa dapat membaca teks pendek yang di dalamnya memuat aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan lafal dan intonasi yang tepat.

2.     Dengan tanya jawab, siswa dapat menemukan penggunaan huruf capital (nama Tuhan) sesuai aturan pada teks yang telah dibaca dengan benar.

3.     Dengan mengamati contoh, siswa dapat menulis teks pendek dengan memperhatikan aturan penggunaan huruf kapital (nama Tuhan) dengan benar.

4.     Dengan mengamati gambar kalender, siswa dapat menentukan konversi satuan waktu dengan benar.

5.     Dengan demonstrasi, siswa memecahkan masalah konversi waktu (hari, minggu) dengan tepat

6.     Dengan tanya jawab, siswa dapat menyajikan hasil pemecahan masalah sehari-hari tentang satuan waktu dengan benar.

 

D.   MATERI PEMBELAJARAN

v Penggunaan Huruf Kapital (Nama Tuhan)

 

 

 

 

 

 

 

v Satuan Waktu (Hari, Satu Minggu)

 

 

 

 

 

 

 

 

E.  Amati gambar di bawah ini dengan teliti

 

Guru: Anggota badan

yang dikeluarkan melalui

jendela bisa saja mengenai

kendaraan lain atau dahan

pohon di sekitar jalan. Hal

itu bisa membahayakan

diri, Nak.

 

 

 

 

           

 

 

 

Siti: Mengapa kita tidak

boleh mengeluarkan

anggota badan melalui

jendela, Bu?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Udin dan teman-teman melakukan kunjungan.

Mereka mengunjungi berbagai tempat wisata.

Mereka selalu memperhatikan aturan keselamatan

di perjalanan.

 

Apa isi percakapan ibu guru dengan Siti?

Apa yang terjadi jika Udin dan teman-teman tidak

memakai sabuk pengaman?

 

Hari Minggu, Udin dan teman-teman berlibur ke Pantai Ancol.

Mereka berangkat menggunakan bus pariwisata.

Berlibur ke pantai ada aturannya.

 

 

F. Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang

Aturan Keselamatan dalam Bus

 

Melakukan perjalanan dengan bus ada aturannya. Aturan dibuat ada gunanya. Dengan mematuhi aturan, kita akan selamat dalam perjalanan. Tidak hanya itu, kita juga akan dapa menikmati perjalanan dengan baik. Kita akan merasa aman dan nyaman dalam perjalanan.

Ada beberapa aturan yang harus kita patuhi

ketika melakukan perjalanan dengan bus, antara lain naik ke dalam bus dengan tertib, duduk di kursi masing-masing dengan baik, tidak mengeluarkan anggota badan melalui jendela, dan berdoa kepada Tuhan sebelum berangkat.

Setiap melakukan perjalanan dengan bus, kita harus mematuhi aturan tersebut dengan baik.

     tepat!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apa isi teks di atas?

Apa saja aturan ketika melakukan perjalanan dengan bus?

 

Bacalah kembali teks “Aturan Keselamatan dalam

Bus” dengan teliti!

Masih ingatkah kamu aturan penggunaan huruf

kapital?

Huruf kapital digunakan untuk menulis nama

Tuhan.

Bacalah beberapa kalimat berikut dengan nyaring!

1.  Kita harus berdoa kepada Tuhan sebelum berangkat.

2.  Kesehatan yang kita miliki merupakan anugerah Yang Mahapengasih.

3.  Udara yang kita hirup merupakan anugerah Yang Mahakuasa.

 

 

G.        LATIHAN SOAL

Contoh :

sebelum belajar, kita berdoa kepada tuhan.

Sebelum belajar,kita berdoa kepada Tuhan.

 

1.  ani bersyukur atas karunia dari tuhan

_______________________________________

2.  Udara yang bersih adalah anugerah dari yang mahakuasa

_______________________________________

3.  Kita harus mensyukuri kesehatan yang diberikan oleh yang mahapenyayang.

_______________________________________

 

Masih ingatkah kamu hari apa Udin dan teman-teman

berlibur ke Pantai?

Amatilah gambar kalender berikut dengan teliti!

 

Tahukah kamu berapa hari dalam 1 minggu?

Aku tahu nama-nama hari, yaitu: Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu.

1 minggu = 7 hari

Latihan Soal:

 

Kerjakanlah latihan berikut dengan teliti!

1.  Udin dan keluarga berlibur ke rumah nenek selama 4 minggu. Berapa harikah Udin dan keluarga berlibur ke rumah nenek?

Jawab: 4 x 7  = 28

 

2.  Udin dan teman-teman berlibur ke luar kota selama 2 minggu. Berapa harikah Udin dan teman-teman berlibur ke luar kota?

Jawab: .........................................................

 

3.  Udin dan teman-teman akan mengikuti lomba menyanyi. Mereka mengadakan latihan selama 5 minggu. Berapa harikah Udin dan teman-teman mengadakan latihan menyanyi?

Jawab: ..............................................................

 

4.  Udin dan teman-teman akan mengikuti lomba menari. Mereka mengadakan latihan menari selama 3 minggu. Berapa harikah Udin dan teman-teman berlatih menari?

Jawab: ......................................................................

 

5.  Sekolah Udin akan mengikuti lomba Adiwiyata. Mereka melakukan persiapan menjelang lomba selama 6 Minggu. Berapa harikah sekolah Udin melakukan persiapan menjelang lomba?

Jawab: ...........................................................

 

H.  Referensi

Faisal. 2017. Buku Siswa Kelas 2, Tema 8:Keselamatan di Rumah dan Perjalanan . Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Faisal. 2017. Buku Guru Kelas 2, Tema 8:Keselamatan di Rumah dan Perjalanan . Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

 

 

 

Selamat Belajar

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Trimakasih Bu...keren

08 Jul
Balas



search

New Post