Eka Ramayanti

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DARING

PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DARING

Pelaksanaan Pembelajaran jarak Jauh (PJJ) sebagai alternatif proses transfer ilmu pengetahuan dari guru ke peserta didik selama masa pandemic Corona-19 telah berjalan setahun dengan berbagai kelemahan dan kelebihan dalam pelaksanaannya. Pelaksanaan pembelajaran Jarak jauh dengan berbagai alternatif seperti Daring (dalam jaringan), Luring (luar Jaringan) maupun Blended (kombinasi daring dan luring) merupakan pilihan pihak sekolah yang dikondisikan dengan fasilitas, kemampuan dan kebutuhan peserta didik.

Pembelajaran Jarak jauh (PJJ) secara daring dengan menggunakan aplikasi online seperti Google classromm, Zoom Meeting ataupun WhatsApp memerlukan keterampilan penguasaan IT dari guru sebagai pengelola proses kegiatan pembelajaran selain kemampuan adaptasi guru dalam menyampaikan materi dengan cara yang berbeda pada saat tatap muka langsung Bersama peserta didik. Peran guru sangat strategis dalam keberhasilan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, mulai dari kegiatan perencanaan, mempersiapkan, melaksanakan sampai pada tahap mengevaluasi PJJ.

Keterampilan guru pada proses PJJ diawali dari kegiatan perencanaan seperti apa model proses pembelajaran yang akan kita buat diawali dari perancangan RPP yang memuat materi, tujuan pembelajaran, Langkah pembelajaran termasuk metode yang digunakan hingga kegiatan evaluasinya. Dilanjutkan dengan tahap persiapan, dengan mempersiapkan materi dalam bentuk bahan ajar, video pembelajaran ataupun link zoom yang akan di share ke peserta didik, selanjutnya dalam tahap pelaksanaan guru dapat melakukannya secara terpusat di sekolah ataupun diluar sekolah dengan menggunakan aplikasi yang disepakati oleh pihak sekolah, dan akhir dari PJJ adalah melakukan evaluasi proses biasanya melalui tugas yang di share dan akan dikerjakan oleh peserta didik dengan durasi waktu yang fleksibel yang ditentukan oleh masing-masing pengajar.

Dalam proses pelaksanaan PJJ juga guru harus lebih aktif dalam memberikan stimulus kepada peserta didik agar tetap semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran termasuk dalam penyelesaian tagihan tugas sebagai evaluasi melalui penyajian desain pembelajaran yang efisien, efektif, menyenangkan dan tidak membosankan dan pembelajaran bermakna.

Gtlo, Kamis 11-02-2021

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sukses selalu bu Eka

26 Feb
Balas

Aamiin yra...terima kasih suportnya bu faridatul,salam literasi

28 Feb

Zoom nya pakai yang berbayar atau free Bun?

11 Feb
Balas

Masih berbayar bund...makanya lebih banyak menggunakan google classroom.

11 Feb



search

New Post