Eka Rosdiana,S.Pd

Nama Eka Rosdiana,S.Pd Ttl Bireuen, 1 Agustus 1972 Kepala Sekolah SMP N 2 Juli...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kepramukaan di SMP N 2 Juli

Kepramukaan di SMP N 2 Juli

Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda karana, yang memiliki arti Jiwa muda yang berkarya. Sebelumnya Pramuka diambil dari kata "Poramuka" oleh Sultan Hamengkubuwono IX yang berarti Pasukan Terdepan dalam Perang. Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan Pendidikan Kepanduan.

Pramuka SMP N 2 Juli disebut Pramuka Penggalang yang usia anggota 11-15 tahun. Selain itu ada beberapa sebutan untuk anggota pramuka yaitu Pramuka Siaga usia 7-10 tahun, Pramuka Penegak usia 16-20 tahun dan Pramuka Pendega usia 21-25 tahun.

Ada juga kelompok anggota yang lain yaitu Pembina Pramuka, Andalan Pramuka, Korps Pelatih Pramuka, Pamong Saka Pramuka, Staf Kwartir dan Majelis Pembimbing.

Kepermukaan salah satu kegiatan yang menumbuhkembangkan Penguatan Pendidikan Karakter di SMP N 2 Juli, karena sasaran akhirnya adalah pembentukan watak, akhlak, dan budi pekerti.

Sistem pendidikan kepramukaan di sesuaikan dengan keadaan, kepentingan, dan perkembangan masyarakat, dan bangsa Indonesia. Kepermukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah dan praktis.

Kegiatan pramuka merupakan kegiatan ekstra kurikuler wajib yang di programkan dalam Dokumen Kurikulum SMP N 2 Juli. Hal ini di atur dalam Peraturan Menteri pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia no 63 tahun 2014 tentang: Pendidikan Kepramukaan sebagai Kegiatan Ekstra kurikuler wajib pada Pendidikan dasar dan Pendidikan menengah.

Sesuai Pasal 3 ayat 3 Mendikbud no 63 tahun 2014, yang isinya "model aktualisasi sebagaimana dimaksud pada ayat(1) merupakan kegiatan dimaksud pada ayat (1) merupakan kegiatan wajib dalam bentuk penerapan sikap dan keterampilan yang dipelajari didalam kelas yang dilaksanakan dalam kegiatan kepramukaa p secara rutin, terjadwal, dan memberikan penilaian formal"

Maka kegiatan pramuka di SMP N 2 Juli dilaksanakan setiap hari sabtu pukul 15.00-17.00 dan diberikan penilaian yg di laporkan dalam LHBPD.

Setiap tahunnya Kepramukaan SMP N 2 Juli melakukan PERSAMI tepatnya setiap bulan Desember, hal ini juga di atur dalam mendikbud no 63 tahun 2014 pasal 3 ayat 2.

Persami tahun ini dilaksanakan bersama SMP N 7 Peusangan, dimana kegiatan ini saat pembukaan dipimpin oleh Ibu Salawati selaku Kepala SMP N 7 Peusangan dan upacara penutupan di pimpin oleh Ibu Eka Rosdiana selaku SMP N 2 Juli. Salam Pramuka.

#latepost

#Salampramuka

#SMPN2Juli

#GuruHebat

#TumbuhKembangPPK

#PramukaKolaborasi

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wow, Pramuka kegiatan yang ciptakan mandiri dan kebersamaan. Sukses selalu dan barakallahu fiik

25 Dec
Balas



search

New Post