Eka Wahyu Setiati

Seorang Guru SD di Kota Cirebon,yang ingin kembali mengembangkan hobinya yang dulu terkubur Membaca dan Menulis...

Selengkapnya
Navigasi Web
KAMPUSKU DAN BEASISWA GUBERNUR

KAMPUSKU DAN BEASISWA GUBERNUR

KAMPUSKU DAN BEASISWA GUBERNUR

Tak pernah terpikir sebelumnya,bahwa kini saya sudah menyelesaikan semester III PascaSarjana yang artinya,semester depan saya harus membuat Proposal dan akan dilanjutkan untuk Penelitian Tesis .Antara Senang dan kaget tentunya.Sepertinya baru kemarin kami baru berjuang melewati perjuangan dalam menyelasaikan satu persatu tugas mata kuliah disamping tugas utama saya sebagai seorang pendidik di Sekolah Dasar.

Selepas saya mendapat gelar Sarjana Penddiikan Guru Sekolah Dasar (S.Pd SD),saya sudah merasa cukup puas dan bersyukur.Buat saya ilmu ini akan saya praktekan di sekolah saya mengabdi.seiring berjalannya waktu,lambat laun keinginan untuk melanjutkan ke S2 semakin menggebu.Tapi saya harus berfikir berpuluh kali,uang kuliahnya dari mana?karena saya tau perlu “modal” yang cukup besar untuk menyelesaikan S2.Sedangkan saya Alhamdulillah masih berstatus Guru Honor yang baru mengabdi 10 tahun,artinya jika dihitung secara matematika,tentunya honor saya tidak akan cukup untuk melanjutkan kuliah.Keinginan tersebut saya pendam sendiri,tapi lambat laun saya utarakan juga kepada suami tercinta.Ternyata suami mendukung penuh niat saya,saya bahagia sekali.Akhirnya saya mencari informasi dari teman-teman dan searching di Internet sambil tidak lupa saya berdoa agar niat saya ini di Ridhai oleh Allah SWT.Dan Alhamdulillah Allah mudahkan niat saya.

Akhirnya saya menemukan kampus sesuai yang saya inginkan,yaitu Kampus Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon(IAI BBC) yang terletak di Jalan Tuparev Kabupaten Cirebon,kampus yang menurut saya sangat inovatif dan selalu berkembang sesuai dengan tuntutan jaman.Agak ragu awalnya untuk mendaftar karena banyak selentingan dan keraguan dari sebagian orang yang saya ajak ngobrol tentang kampus.lebih baik cari kampus yang Terkenal dan Favorit saja di luar kota.Pertimbangan saya kalau saya ambil diluar kota,saya harus memikirkan waktu,jarak dan transport.Selain saya tetap harus mengajar saya juga harus mempertimbangkan kewajiban saya sebagai seorang ibu yang sudah berkeluarga.Ada kampus yang masih satu kota yang artinya cukup dekat dengan tempat tinggal saya tapi biayanya menurut saya masih cukup besar untuk ukuran saya.Dengan mengucap Bismillah saya bulatkan tekad untuk memilih Kampus BBC ini,dan kami adalah angkatan pertama.Buat saya justru ini adalah hal yang Luar biasa dan cukup menantang,karena dari angkatan inilah nama Kampus BBC dipertaruhkan.Secara kuantitas jumlah mahasiswa ada 102 ,Cukup banyak untuk ukuran Program Magister yang baru saja berdiri.Kami dipacu dan dimotivasi untuk bisa terus berinovasi dalam bidang pendidikan karena hampir semua mahasiswa disini sudah bertugas di lingkungan pendidikan,dari Kepala Sekolah PAUD,SD/MI,Guru SD/MI,SMP dan SMA,bahkan dari pengawas Pun ada.Lengkap bukan.Bagi Kampus, Kami adalah Lulusan yang kelak akan berkontribusi secara inovatif untuk bisa mendukung program Pendidikan di Indonesia agar Lebih baik dan Maju Lagi.Alhamdulillah kampus kami sudah terakreditasi B.

Ada Satu hal yang mungkin tidak akan saya lupakan selama saya kulaih disini adalah kami bisa pergi bersama-sama di semester III dalam rangka Study Banding ke Luar Negeri yaitu Singapura dan Malysia.Kami jadi tau pola dan kurikulum di negeri Singa dan Malaysia.Seumur hidup ini baru pertama kali saya menggunakan Pesawat terbang.Mungkin ini cara Allah melatih saya untuk tidak deg-degan lagi jika kelak saya bepergian naik pesawat lagi,karena saya juga punya niat untuk bisa beribadah ketanah suci bersama orang tua dan keluarga tercinta.

Selama kuliah,jiwa wirausaha saya muncul,melihat peluang ,karena kelas kami berada dilantai III,ketika lapar teman-teman malas untuk turun untuk cari makan,saya akhirnya punya ide untuk jualan nasi bakar,gorengan dan kue cemilan.Teman-teman saya suka dan merasa terbantu,kadang jika saya tidak bawa dagangan ataupun saya tidak berangkat mereka menanyakan saya.aduh saya jadi selebriti yang selalu dicari,senengnya hehe.

Satu hal lagi yang membuat saya bahagia lahir Batin dan merupakan kado di hari ibu ini,bahwa saya mendapat Beasiswa Gubernur yang mungkin sebagian Mahasiswa pasti menginginkannya.Saya diantara 300 mahasiswa BBC yang terpilih mendapat Beasiswa Gubernur.Artinya saya mendapat bantuan biaya kuliah gratis hampir selama 3 semester,sangat menyenangkan bukan??Saya tidak bermaksud menyombongkan diri bahwa saya mendapat Beasiswa.Saya berharap disini ada hikmah dan pembelajaran yang bisa kita ambil bahwa jika kita punya tekad kuat dan Niat Baik karena Allah,ingin selalu belajar dan menambah ilmu,Insya Allah ..Akan Allah beri jalan keluar.Yakinlah bahwa tidak akan pernah rugi mencari ilmu,jangan hitung-hitungan dengan uang yang sudah dan akan kita keluarkan untuk mendapatkan Ilmu.Terbukti saya dengan Niat Bismillah saya bisa kuliah gratis.Mendapat Bantuan Beasiswa itu cukup sulit lho,harus ada persyaratan khusus,diantaranya Mahasiswa Rajin,Ulet dan aktif di kampus,juga punya nilai IPK yang memenuhi syarat.Artinya jika kita mau berdoa dan berusaha sesungguhnya segalanya akan Allah Mudahkan.Seperti dalam Surat Al-Insyirah(surat 98 ayat ke 5 dan 6), Sesungguhnya dibalik kesulitan akan ada kemudahan,Sesungguhnya dibalik kesulitan ada kemudahan.dan juga Hadist nabi yang mengatakan Tuntutlah Ilmu dari buaian hingga liang lahat.Artinya sudah ada pedoman dan ajakan dari Alquran dan Hadist untuk kita menuntut Ilmu.Malaikat-malaikat akan mengikuti dan menjaga kita ketika kita menuntut ilmu.

Selain Beasiswa Gubernur,Kampus ini juga ada bantuan lain seperti Beasiswa dari Yayasan,Beasiwa dari Pemda Cirebon,Beasiswa Tahfidz.Terima Kasih Kampus Tercintaku Kampus BBC Islami,Profesional,Mandiri.Terima Kasih Bapak Gubernur Jawa Barat, Bapak Ahmad Heryawan.Jadi nikmat manakah yang bisa kita dustakan??.

Cirebon,25 Desember 2017

Eka Wahyu Setiati

Mahasiswa Pasca IAI BBC

Yang sedang menunggu Sidang Proposal Tesis

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

aamiin

25 Dec
Balas

makasih Mas Aris

27 Dec

Luar Biasa.Perjuangan Dahsyat.Indah pada Waktunya. Alhamdulillah. Turut Bangga dan Bahagia.

25 Dec
Balas

Wah....hebat bu Eka selamat dan sukses ya bu

25 Dec
Balas

Makasih banyak Bu Jeng Tri..maaf sy baru semper balas

27 Dec



search

New Post