Eko Darmawanto

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Remembrance Day, Bunga Poppy dan Hari Pahlawan

Remembrance Day, Bunga Poppy dan Hari Pahlawan

Bagi penggemar sepakbola terdapat pemandangan yang berbeda pada pertandingan Liga Primer Inggris pekan ini. Pada pertandingan pekan ke 11 ini dibagian dada jersey yang dipakai para pemain serta jas yang dipakai manajer tersemat simbol bunga berwarna merah. Bunga berwarna merah ini dikenal dengan nama bunga poppy.

Pada awal November, Inggris selalu merayakan Remembrance Day. Sebuah bentuk penghormatan terhadap tentara Inggris yang gugur dalam palagan Perang Dunia I. Perayaan Remembrance Day selalu identik dengan pemakaian simbol bunga poppy.

Perang Dunia I terjadi pada tanggal 28 Juli 1914 hingga berakhir pada tanggal 11 November 1918. Dalam Perang Dunia I Inggris bersama sejumlah negara tergabung dalam blok Sekutu (Entente) melawan beberapa negara yang tergabung ke dalam blok sentral yang beranggotakan Jerman, Austria-Hungaria, Bulgaria dan Turki.

Peperangan dalam Perang Dunia I memakan banyak korban jiwa. Pada beberapa pertempuran di daerah Flanders dan Picardy yang terletak di negara Belgia dan Prancis bagian utara meluluhlantakkan daerah tersebut hingga tidak ada yang tersisa kecuali bunga Poppy. Tumbuhnya bunga Poppy yang berwarna merah di sejumlah medan pertempuran ini kemudian dipakai sebagai simbol peringatan Perang Dunia I. Di Inggris bunga Poppy ini baik dalam bentuk imitasi maupun bunga aslinya dijual kepada khalayak dan hasil penjualan tersebut didonasikan kepada veteran tentara Inggris yang terlibat dalam Perang Dunia I. Di bulan yang sama, yaitu bulan November bangsa Indonesia juga memperingati hari pahlawan. Peringatan hari pahlawan ini sebagai bentuk peringatan terhadap sebuah pertempuran besar di kota pahlawan Surabaya. Pada bulan November 1945 rakyat Surabaya menghadapi serangan besar-besaran dari tentara Inggris. Kota Surabaya diserang secara besar-besaran dari darat,laut dan udara. Kota Surabaya luluh lantak akibat serangan ini tetapi hal ini tidak membuat semangat rakyat Surabaya menyerah. Sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa para pahlawan mungkin ada baiknya juga pemerintah atau pihak-pihak yang peduli membuat merchandise yang hasil penjualannya didonasikan kepada para pahlawan. Kalau di Inggris program ini di aplikasikan juga di klub sepakbola maka klub sepakbola Indonesia juga bisa mencontohnya. Bahkan PERSEBAYA Surabaya yang lahir di kota pahlawan Surabaya bisa menginisiasi gerakan ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post