Eko Hastuti

Menulis bagiku menjadi salah satu sisi kehidupan yang penting. Ibarat orang hidup yang harus bernafas, menulis sebagai oksigen yang memberi kesegaran otak dan h...

Selengkapnya
Navigasi Web
Bersahabat dengan Siswa

Bersahabat dengan Siswa

Tugas utama guru adalah mengajar dan mendidik siswa. Dalam kapasitas itu guru juga harus menyiapkan administrasi mengajar, membimbing ektrakurikuler, menjalankan tugas lain yang ditugaskan sekolah, mengembangkan diri, melakukan pengembangan profesi dan menjadi contoh siswa dengan pribadi yang bersahaja.

Tugas yang terakhir itu ternyata tidak mudah. Bisa jadi pada tugas-tugas pokoknya sukses tapi kurang bersahabat dengan siswa. Karena yang penting materinya selesai, anak mendapat nilai yang bagus, dan tugas sampingannya selesai dan beres. Padahal sisi lain yang kadang terasa kurang penting seperti bersahabat dengan siswa baik waktu pembelajaran maupun di luar pembelajaran, tak kalah pentingnya.

Menjadi sahabat tidak berarti akrab tanpa batas. Guru harus tetap menjaga batas-batas norma pergaulan dan posisi sebagai guru yang harus digugu dan ditiru. Ucapan, sikap, dan perilaku tetap sebagai seorang guru yang patut diteladani. Meski akrab dan bersahabat namun tetap berwibawa dan berkharisma. Bagaimana agar guru bisa bersahabat dengan siswa secara bersahaja? Resep sederhana ini mungkin bermanfaat dan jadi pengingat saat berperan sebagai pelita kehidupan bagi siswa. Maka hendaknya guru:

1. Ramah dan murah senyum.

2. Perhatian dan peduli.

3. Sederhana tapi bersahaja.

4. Berprestasi untuk menginspirasi.

5. Menjadi teladan yang elegan.

6. Bersahabat namun tetap bermartabat.

7. Menjadi literat sejati.

Mengapa guru harus menjadi literat sejati? Karena jiwa mendidik yang telah terbentuk di dasar hatinya meruak seluas jagad raya. Guru tidak hanya di dalam kelas maupun di lingkungan sekolah. Tidak juga sebatas memberi nasehat saat siswa menghadapi kesulitan. Bukan hanya kepada siswa yang sedang diajar, tetapi kepada siswa yang tidak diajar pun tetap memberi perhatian, menegur dan menasehati ketika salah, dan sikap-sikap lainnya. Bahkan kepada para alumni yang sudah berada di jenjang yang lebih tinggi, atau telah kuliah. Kadang peran sebagai guru tetap berlanjut entah apa bentuknya. Mungkin membantu apa yang diperlukan, membantu mengatasi persoalan dengan memberi solusi, atau memberi motivasi agar lebih semangat dan giat. Karena kendala jarak dan waktu, semua itu hanya bisa dijangkau dengan tulisan. Maksudnya, guru untuk bisa memotivasi dan menginspirasi mereka dengan melakukan kegiatan literasi lalu diposting di berbagai media agar dapat diakses mereka dan siapa saja. Jadi membaca dan menulis bagi guru sejati tak akan terhenti agar perannya sebagai pelita kehidupan dapat sebagai penerang bagi semua orang. Belajar sepanjang hayat, agar kehidupan kita bermartabat dan bermanfaat bagi orang lain. Rupanya kita sebagai guru tidak cukup bersahabat dengan siswa saja, namun dengan siapa pun, dan alam tempat kita bernaung.

Wonosobo, 3 November 2018

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantaaap Bunda Eko, makasih sudah mengingatkan...menjadi sahabat yang bermartabat untuk siswa-siswa , seorang literat yang haus akan ilmu sehingga selalu belajar dan belajar. Salam sehat dan sukses

03 Nov
Balas

Ya bu, sekedar berbagi saja. Semoga kita jadi guru yang istiqomah. Salam sehat dan sukses. Salam literasi, literasi harga mati.

03 Nov

Jazakillah khoir untuk pesan indah ini, mbak. Njih, bersahabat dengan siapapun akan menjadikan hidup ini sangat indah dan bahagia. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, Srikandi Dieng.

03 Nov
Balas

Betul, Dhik Nana. Berbagi itu indah, hidup lebih berkah. Kita harus bersahabat dengan siapa saja termasuk alam tempat kita tinggal, agar hati damai sejahtera. Salam sehat dan sukses juga. Salam litwrasi, literasi harga mati.

03 Nov

Setuju bunda, sukses selalu dan barakallah

03 Nov
Balas

Alhamdulillah, kita sehati ya bu Siti. Mari kita tebarkan kebaikkan demi kehidupan yang lebih baik. Salam sehat dan sukses juga. Salam literasi, literasi harga mati.

03 Nov

Masyaallaah, saya setuju 100% bunda. Mejadi guru tidak mesti menjaga jarak dengan anak didiknya. Barakallaah

03 Nov
Balas

Alhamdulillah, kita sehati ya bu. Selalu belajar menjadi guru terbaik. Salam sehat dan sukses ya. Salam literasi, literasi harga mati.

03 Nov



search

New Post