Eko Hastuti

Menulis bagiku menjadi salah satu sisi kehidupan yang penting. Ibarat orang hidup yang harus bernafas, menulis sebagai oksigen yang memberi kesegaran otak dan h...

Selengkapnya
Navigasi Web

Mengenal Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Judul = Mengenal Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan. Penulis = Otoritas Jasa Keuangan. Penerbit = OJK. Tebal buku = 161 halaman. Tahun Terbit = 2014

"Mengenal Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Industri Jasa Keuangan Tingkat SMP" adalah buku pengayaan mata pelajaran IPS untuk menunjang literasi keuangan masyarakat Indonesia yang masih rendah, khususnya kalangan pelajar SMP. Masyarakat Indonesia diharapkan memiliki pengetahuan yang luas mengenai lembaga keuangan serta produk dan jasa keuangan, serta memiliki keterampilan untuk menilai manfaat dan resiko produk dan jasa keuangan, serta memiliki keyakinan terhadap lembaga maupun produk dan jasa keuangan. Diterbitkannya buku ini diharapkan agar generasi penerus bangsa dapat memperoleh pendidikan keuangan sejak dini sehingga dapat mendorong terciptanya masyarakat Indonesia yang sejahtera.

Isi buku ini tentang OJK dan enam industri yang meliputi: Perbankan, Asuransi, Pegadaian, Pembiayaan, Pasar Modal dan Dana Pensiun. Buku setebal 61 halaman ini terdiri dari 9 Bab yakni Pendahuluan, Bank Mempermudah Transaksi Kita, Maju Berkat Pembiayaan, Asuransi Melindungi Kita, Sumber Pendanaan Melalui Pegadaian, Pasar Modal Mencerahkan Masa Depan, Dana Pensiun Menyejahterakan Masa Tua, Pengantar Ekonomi Syariah, dan OJK.

Buku yang dikemas secara menarik ini, juga dilengkapi dengan bagan, gambar, dan tabel. Jika dilihat struktur penyajian dan bahasa yang digunakan, buku ini memang dirancang untuk membekali siswa SMP mengenai pengelolaan keuangan. Khususnya kelas 7 tentang jenis-jenis kelembagaan ekonomi. Fungsi dan peran kelembagan ekonomi (kelas 8) dan Manfaat kelembagaan ekonomi (kelas 9). Sayangnya, siswa yang mendapat buku hanya kelas 9, itu pun baru 94 siswa sedang kelas 8 hanya pengurus OSIS (6 siswa). Ya, kami menyadari jumlah siswa yang mencapai 700-an lebih tidak mungkin terfasilitasi semua.

Wonosobo, 8 Maret 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post