Eko Prasetyo

Eko Prasetyo, pemimpin redaksi MediaGuru dan penjaga gawang Majalah Literasi Indonesia. Dia menyelesaikan pendidikan S-1 Sastra Indonesia Unesa dan S-2 Ilm...

Selengkapnya
Navigasi Web

Bau Badan

Saat salat Jumat, seorang muslim disunahkan untuk mandi dan memakai wewangian. Hal ini mestinya diperhatikan untuk menjaga ketertiban saat salat. Nah, saya pernah mengalami hal yang kurang mengenakkan saat Jumatan.

Jemaah di sebelah saya saat itu mengeluarkan aroma bau ketek yang menyengat. Saya yakin, jemaah lain merasakan hal serupa.

Apesnya, posisi saya sudah terjepit. Mau pindah saf kok sudah tidak mungkin. Alhasil, selama khotbah berlangsung, kepala ini pusing. Saking stresnya, saya mengeluarkan keringat dingin dan tak fokus lagi.

Rasanya saya sangat ingin menulis ucapan permintaan maaf kepada sanak saudara dan keluarga besar di Malang, Surabaya, Pekalongan, dan Jakarta. Sekadar jaga-jaga andaikata saya semaput dan dilarikan ke rumah sakit saat itu.

Sungguh, bau badan memang persoalan sensitif. Di Cirebon, ada karyawan koperasi yang bernama Rahman Setyo Ajie (23). Ia berniat membunuh bosnya pada 29 Januari 2024. Dengan menyiapkan parang, ia membacok membabi buta. Aksi tersebut kemudian diketahui oleh Jessica, karyawan lainnya. Jessica turut dibacok hingga luka parah di kepala dan punggung. Jari-jemarinya pun putus. Jessica akhirnya tewas.

Aksi brutal Rahman ini dipicu oleh dendam. Ia sering dimarahi kepala kantor koperasi tersebut. Gara-garanya: Rahman dianggap memiliki bau badan yang menyengat.

Memang repot. Seseorang yang memiliki bau ketek ndak enak sering tidak menyadarinya. Tapi, jika diingatkan, khawatir ia tersinggung dan salah paham.

Terkait bau badan ini, saya kadang heran dengan orang yang berangkat kerja tanpa mandi dahulu atau kadang cuma mandi bebek (membasuh wajah dan tubuh seadanya). Dengan aktivitas sak gambreng (sangat buanyak), keringat berlebih itu sebuah keniscayaan.

Buat apa punya bodi yang gemah ripah loh jinawi (baca: ginuk-ginuk), ada bekas suntik cacar segede gaban di lengan kiri atau kanan, pakaian bagus, selalu memakai barang branded, dan memiliki senyum yang meruntuhkan batas jiwa terdalam jika bau ketek.

Castralokananta, 8 Februari 2024

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ide tulisan yang menarik

08 Feb
Balas

Waduh, jadi ingat punya teman kayak gitu, Pak Eko. Salam sehat selalu, Pak!

08 Feb
Balas



search

New Post