Eko Prasetyo

Eko Prasetyo, pemimpin redaksi MediaGuru dan penjaga gawang Majalah Literasi Indonesia. Dia menyelesaikan pendidikan S-1 Sastra Indonesia Unesa dan S-2 Ilm...

Selengkapnya
Navigasi Web
INSIDEN AIR CHINA CA-403
Sumber: Capt. Gerry

INSIDEN AIR CHINA CA-403

Catatan Eko Prasetyo

Pemred MediaGuru

Insiden mengerikan baru terjadi di Bandara Changi, Singapura, pada Minggu, 10 September 2023. Pesawat Air China CA-403 dari Chengdu, Tiongkok, mendarat darurat di Bandara Changi karena salah satu mesinnya terbakar.

Saya sempat menonton tayangan beritanya. Evakuasinya sangat menegangkan di landasan pacu yang ditutup selama tiga jam itu. Nah, inilah yang ingin saya soroti di tulisan ini.

Salah seorang penumpang malah membawa koper besar dalam evakuasi tersebut. Inilah yang justru sangat berbahaya.

Sebenarnya, ketegangan sudah dimulai saat declare emergency di wilayah udara Malaysia. Saya juga menonton rekaman video saat asap sudah memenuhi ruang kabin penumpang. Suara pramugari tampak terdengar dalam cabin announcement dengan memperlihatkan para penumpang sudah menunduk.

Ada beberapa pelajaran penting tentang insiden Air China CA-402 yang menggunakan Airbus A320 Neo buatan Prancis ini.

Pertama, jangan remehkan sekecil apa pun pengumuman dari pramugari yang biasa menjelaskan tentang proses evakuasi.

Kedua, utamakan keselamatan. Jangan memaksakan diri membawa koper besar dalam proses evakuasi keselamatan. Dalam insiden Air China CA-403 ini, penumpang yang membawa koper besar justru mempertaruhkan nyawa karena ia berada di mesin pesawat yang terbakar.

Ketiga, saya biasanya memakai jaket MediaGuru yang memiliki kantong dalam. Di situlah saya menyimpan HP, dompet, atau dokumen penting seperti tiket ataupun paspor (jika terbang ke luar negeri). Jangan membiasakan menyimpan dokumen penting di tas kabin.

Keempat, jika tidak memakai jaket dengan kantong dalam, Anda bisa membawa tas kecil yang dapat ditaruh di bawah kursi penumpang.

Kelima, tentu saja yang tidak kalah penting adalah berdoa kepada Yang Maha Kuasa untuk diberi keselamatan selama terbang. Pasrah saja. Pesawat merupakan transportasi dengan tingkat safety paling tinggi, jadi sebenarnya kita tak perlu terlalu takut. Jangan pula takut secara berlebihan apabila tidak sedang naik pesawat.

Castralokananta, 11 September 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Efek berita menakutkan padahal tidak sedang naik pesawat ya

11 Sep
Balas



search

New Post