Eko Sutanto

Lahir di Banjarnegara, menjadi guru sejak maret 1997, sampai saat ini masih belajar menulis dan mengeja huruf demi huruf serta angka demi angka....

Selengkapnya
Navigasi Web
Laa Tahzan
Foto Koleksi Pribadi - Sunyi

Laa Tahzan

Hari pertama masuk tahun pelajaran 2020/2021 terasa sangat menguras energi dan perhatian. Beragam urusan membuat sibuk luar biasa dari pagi hari hingga siang. Evaluasi penerimaan peserta didik baru tahap akhir, urusan peserta didik yang mengajukan pindah sekolah, wali murid yang minta surat keterangan siswa untuk pengajuan PKH (Peserta Keluarga Harapan), ceking draft ijazah siswa kelas VI, melengkapi isian quisioner PMP offline dan online, sampai dengan melayani tukang yang akan merenovasi sarana air bersih dan tempat cuci tangan siswa. Semua bertumpuk menjadi satu hari ini, sungguh membuat waktu teraasa cepat berlalu. Pagi cepat berubah menjadi siang.

Hari pertama di tahun pelajaran baru ini terasa sangat berbeda. Bapak Ibu guru sibuk menyiapkan program pembelajaran dari rumah untuk peserta didik. Sementara guru kelas I hilir mudik melayani orang tua siswa baru yang melengkapi berkas persyaratan anak – anaknya. Tapi semua terasa sunyi, sepi sebab siswa masih belajar dari rumah masing - masing. Sekolah belum berani menyelenggarakan pembelajaran tatap muka sesuai instruksi kepala dinas pendidikan kabupaten karena belum dinyatakan sebagai daerah zona hijau oleh Gugus Tugas setempat.

Besok hari kedua di tahun pelajaran baru di masa pandemik Covid-19. Mungkin suasananya tidak beda jauh dengan hari pertama tadi. Akan datang beberapa wali siswa baru untuk melengkapi berkas persyaratan masuk anaknya. Bapak Ibu guru pun masih akan berkutat dengan penyusunan program belajar dari rumah sesuai materi yang diperoleh ketika mengikuti sosialisasi program pada hari Senin – Selasa minggu kemarin. Renovasi sarana air bersih masih akan berlanjut besok hari, demikian juga semua kegiatan terkait administrasi awal tahun harus dikerjakan sampai tuntas. Semua akan berjalan sebagai mana mestinya. Dan semua akan baik – baik saja.

Semoga pandemik ini akan segera berakhir. Aamiin.

(Huma di Lembah Serayu, 13 Juli 2020)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terbayang kesibukan yang menanti esok hari

14 Jul
Balas

Terbayang kesibukan yang menanti esok hari

14 Jul
Balas

14 Jul

Sabar pak ya. Meski menguras keringat, pikiran dan lelah menghampiri semua itu ladang pahala buat bapak. Tetap semangat mensukseskan anak bangsa.

13 Jul
Balas

Iya, Ibu. Salam literasi

13 Jul



search

New Post