EKO WIDIARTO - SOGELSIPASSO

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Ajaran moral dan filosofi hidup orang Jawa ( 2 ).
Beberapa filosofi hidup orang Jawa yang perlu kita ketahui

Ajaran moral dan filosofi hidup orang Jawa ( 2 ).

Tantangan hari ke 92 #TantanganGurusiana

Minggu 5 Juli 2020

AJARAN MORAL dan FILOSOFI HIDUP ORANG JAWA

Ini adalah kelanjutan tulisan hari Sabtu tentang ajaran moral dan filosofi hidup orang Jawa, dari sekian banyak Ajaran moral , penulis ambil beberapa di antaranya :

13. Ojo mburu kidang Mlayu.

jangan memburu atau mencari-cari hal-hal yang sia-sia carilah sesuatu yang memungkinkan untuk anda dapatkan.

14.Ojo milik barang kang melok melok.

Jangan tergiur oleh hal-hal yang tampak mewah cantik dan indah gemerlap.

15. Sak bejo bejone wong kang lali isih Bejo wong kang eling lan waspodo.

Seberuntung beruntungnya orang yang lupa masih beruntung orang yang ingat dan waspada. Jangan sampai karena urusan keduniaan kita melupakan aturan dan menghalalkan segala cara.

16. Akeh durung mesti cukup sethithik durung mesti kurang

Banyak belum tentu cukup sedikit belum tentu kurang. sebanyak apapun penghasilan anda kalau anda tidak dapat mensyukurinya pasti akan merasa kurang selamanya, intinya ada di dalam hati bagaimana untuk dapat mensyukuri atas semua pemberian Allah.

17. Ojo mburu seneng nanging mburuo ayem.

Jangan raih senang melainkan raihlah ketentraman. Dalam mengerjakan sesuatu jangan berpatokan asal anda sedang saja namun juga perlu dipertimbangkan orang lain di sekitar Anda. Karena ketentraman itu tidak dapat ditentukan dari dalam diri sendiri tetapi juga lingkungan tempat tinggal anda.

18. Urip iku ojo digawe sambat dilakoni ae sak mlakune.

Hidup itu jangan dibuat sengsara dijalankan saja semampunya.

19. Urip iku sawang sinawang sing ketokke luweh kepenak durung mesti ke penak sing ketokke rekoso durung mesti rekoso.

Hidup itu adalah melihat terhadap orang lain , orang yang terlihat bahagia belum tentu bahagia namun orang terlihat susah belum tentu susah.

20. Dadi manungso sing biso ngatur Urip , ojo gelem diatur Urip , nanging Ojo nglaleake aturane sing gawe Urip.

Jadilah manusia yang dapat mengatur kehidupan jangan mau diatur oleh kehidupan tetapi jangan melupakan aturan Yang membuat Hidup.

21. Ora usah dipikir nganti sepaneng ,Urip iku mung sedelo nek iso dilakoni yo dilakoni sing penting wes dicoba.

tidak perlu dipikir sehingga membebani hidup itu hanya sebentar kalau bisa dijalankan ya dijalankan tapi yang utama adalah sudah mencobanya.

22. Urip iku ojo digawe susah ,Wayahe seneng Yo seneng, wayahe nyambut gawe yo nyambut gawe wayahe leren yo leren , wayahe ngibadah yo ngibadah.

Hidup itu jangan dibuat susah saatnya senang ya senang saat bekerja ya bekerja saatnya istirahat ya istirahat saatnya beribadah ya beribadah. Intinya tidak memaksa jalankan saja sewajarnya.

Tantangan hari ke 92 #TantanganGurusiana

Eko Widiarto, S.Pd. SMAN 2 BONDOWOSO

Minggu 5 Juli 2020

Salam SOGELSIPASSO (sopo gelem sinau pasti iso).

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Makasih Pak. Mantap. Salam literasi

05 Jul
Balas

terima kasih sudah mampir bentar Titin Marini. Tetap semangat dalam berkarya menulis status menulis. Salam literasi dan Sogelsipasso.

06 Jul

Kearifan lokal ya pak

05 Jul
Balas

Nggih Bu Rusdiana biar tidak punah tergerus zaman. salam Literasi dan Sogelsipasso.

06 Jul



search

New Post