Eko Yulianingsih

Eko Yulianingsih ibu dari 4 orang anak. Selain sebagai ibu dan istri dia juga aktif mengajar di SMAN 1 Gapura dan di Universitas Terbuka UPBJJ Surabaya....

Selengkapnya
Navigasi Web

SEHAT BERPUASA DI PERGANTIAN MUSIM

Berpuasa itu menyehatkan. Itu yang sering kita sering dengar dari tausiah ustadz di sebuah surau dekat rumah. Namun terkadang kita sakit saat kita berpuasa sehingga kita terpaksa tidak berpuasa karena itu. Terus bagaimana esensi dari pernyataan puasa itu mnyehatkan? Pastinya dengan berpuasa tubuh kita akan sehat dan kita tak mungkin sakit gara-gara puasa.

Apa yang salah dari puasa kita? Puasanya yang salah ataukah kita yang berpuasa yang salah? Kadang kita berpuasa hanya menunda dan mengurangi makan dari 3 kali menjadi dua kali sehari saja. Tidak ada orang yang mati karena puasa, bahkan banyak orang yang sembuh dari penyakitnya seperti sakit magh, diabetes, asam urat, kolesterol, dan asam urat yang sembuh dengan puasa. Tentuinya bukan salah puasa yang mnyebabkan kita sakit.

Mungkin kita mulai intropeksi bagaimana kita berpuasa? Bukankah Nabi Muhammad SAW menganjurkan kita dengan anjuran mengakhirkan sahur dan menyegarakan berbuka? Berbuka pun tak harus semua makanan harus dimakan dan disikat habis begitu suara azan maghrib dikumandangkan. Mari kita ikuti bagaimana Nabi berbuka puasa. Nabi Muhammad berbuka puasa dengan makan 3 butir kurma lalu sholat maghrib. Bagaimana dengan kita yah pasti semua makanan yang ada di hadapan kita tidak luput untuk diambil, semua kita makan. Bahkan terkadang perut kita sakit dan harus diam sebentar dulu untuk sholat maghrib.

Indonesia yang beriklim tropis dengan dua musim yaitu musim panas dan musim dingin yang terkadang saat pergantian musim ini banyak yang sakit seperti batuk, flu, dan demam. Saat ini pada bulan Mei 2019 ini mulai terasa pergantian musim ini dari musim penghujan ke musim kemarau. Oleh karena itu kita perlu mengantisipasi bagaiamana agar kita tetap sehat berpuasa di pergantian musim.

Ada beberapa tips yang mungkin bisa kita lakukan agar kita tetap sehat saat berpuasa

(1) Ikuti anjuran Nabi Muhammad untuk menyegarakan berbuka dan mengakhirkan sahur

(2) Ikuti cara Nabi berpuasa dan berbuka

(3) Perbanyak minum air putih

(4) Konsumsi buah khususnya saat sahur

(5) minum dan makan suplemen kesehatan serta madu

Semoga kita mampu mengamalkan dan berpuasa seperti yang Nabi contohkan. Aamiin

Sumenep, 27 Mei 2019

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Apapun bila sesuai aturan, maka akan dapat kebaikannta, demikian puasa. Sukses selalu dan barakallahu fiik

28 May
Balas

iya bu Siti Ropiah. Suatu kehormatan bagi saya sebagai pemula tulisan saya dibaca dan diapresiasi oleh Ibu Siti Ropiah. Semoga bisa produktif seperti ibu menulis. aamiin

28 May
Balas



search

New Post