Ela Komala

Ela Komala seorang Ibu dari dua orang putra/putri, lahir dan besar di Kota Bandung. Semasa kecil bersekolah di SDN Padasuka 6. Setelah lulus masuk ke SMPN Cicad...

Selengkapnya
Navigasi Web
Ketika Sedang Bete
#TantanganGurusiana_hari ke-47

Ketika Sedang Bete

 

Sepanjang waktu merasa tak nyaman, bawaannya ingin marah saja. Ya, inilah yang disebut bete (bed time) alias bed mood. Perasaan itu tiba-tiba saja bergumul dalam dada. Mengapa ya, kok bisa bete? ternyata ada penyebabnya, diantaranya adalah:

Rasa takut atau tak berdaya. Sesuatu terjadi dan takut kehilangan kendali, berada dalam masalah, atau merasa terancam. Begitu juga jika ada di posisi yang menyulitkan dan tak berdaya.

Frustasi atau pengalaman masa lalu. Terjebak dalam situasi yang tak bisa dikendalikan seperti macet, internet yang mati, atau teman terlambat tanpa kabar, pernah di-bully. Ketika ada orang yang mau menyakiti atau meledek, biasanya mengasosiakan pengalaman tersebut dengan kejadian masa kecil. Jadi bete karena teringat pengalaman tersebut dan emosi yang terpendam sejak kecil pun akhirnya tumpah. 

Kebiasaan buruk atau kelelahan. Lebih mudah menyalahkan orang lain dan keadaan daripada mengakui kesalahan dan kegagalan sendiri. Tak mau repot-repot mencari solusinya sehingga marah-marah pada setiap orang. 

Iri atau cemburu, melihat orang lain lebih sukses atau beruntung, juga bisa membuat kesal dan bete. Kenapa mereka bisa melakukannya, sementara kamu sendiri sudah berjuang mati-matian selama ini tapi belum juga membuahkan hasil yang kamu inginkan

Ingin diakui atau merasa disakiti. Kalau sedang ingin membuat orang terkesan padamu, kamu akan melakukan apa saja supaya diakui. Nah, ketika usaha ini sia-sia, tentu saja akan merasa sangat kecewa, sakit hati dan berusaha menutupnya. Kalau sakit hati dengan seseorang, kamu jadi merasa defensif supaya tak ada yang bisa menyakitimu lebih jauh lagi. Nah, untuk melindungi diri, kamu lebih memilih untuk menunjukkan kemarahanmu. 

Manipulasi, alasan yang satu ini agak berbahaya, tapi mungkin kamu pernah melakukannya sesekali. Kamu tahu bahwa kalau kamu meminta orang lain untuk melakukan sesuatu, kamu akan ditolak. Maka kamu jadi marah-marah sendiri supaya orang lain merasa terintimidasi dan mau menuruti keinginanmu. 

Lapar, emosimu akan mudah meledak-ledak dan tentunya mode senggol bacok-mu akan langsung teraktivasi. Yuk, segera cari pertolongan pertama dan isi dulu perutmu.

Ada 2 cara sederhana yang ampuh bikin betemu hilang seketika. Pertama  buatlah dirimu rileks, Ketika bete dan kesal, tanpa sadar, otot menjadi tegang dan kaku. Rilekskan kembali dengan berendam atau mandi dengan air hangat. Dijamin deh otot-otot tegang akan langsung kembali santai.

Cara kedua, buatlah dirimu bahagia Misalnya diskusi dengan orang yang dekat atau terpercaya, main game yang sudah lama banget terbengkalai, menuntaskan bacaan novel, beli kosmetik baru, mencicipi snack baru di supermarket, atau berselancar di internet dengan lancar dan cepat banget!. Atau kamu juga bisa mendengarkan musik favoritmu.

 

#TantanganGurusiana_hari ke-47

Oleh. Ela Komala

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Terima kasih pencerahannya Bun, semoga terhindar dari kebetean

13 Aug
Balas

Aamiin Yra

13 Aug

makasih ya Neng

13 Aug



search

New Post