Ela Komala

Ela Komala seorang Ibu dari dua orang putra/putri, lahir dan besar di Kota Bandung. Semasa kecil bersekolah di SDN Padasuka 6. Setelah lulus masuk ke SMPN Cicad...

Selengkapnya
Navigasi Web
MANFAAT GULA AREN
#TantanganGurusiana_hari ke-42

MANFAAT GULA AREN

Menjalankan gaya hidup sehat tentunya merupakan langkah bijak untuk menjaga kesehatan tubuh. Manfaat gula aren atau dikenal gula merah untuk kesehatan kerap dijadikan alternatif penggunaan gula putih.

Gula aren diperoleh dari pohon aren (Arenga Pinnata Merr) melalui proses penyadapan air nira, (cairan yang keluar dari batang tanaman pohon aren). Memiliki rasa karamel yang ringan dan rasa manis yang khas.

Tak hanya mempermanis makanan dan minuman, gula aren juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Orang sering mengaitkan manfaat gula aren untuk kesehatan dengan perawatan diabetes. Dikenal sebagai gula alami karena melibatkan pemrosesan minimum dan tidak ada bahan kimia yang digunakan.

Gula aren tersedia dalam bentuk blok, butiran dan cair. Manfaat gula aren untuk kesehatan didapat dari kandungan mineral dan vitaminnya yang tinggi. Berikut 7 manfaat gua aren untuk kesehatan:

1. Menurunkan Berat Badan

Gula aren memiliki kadar potasium yang tinggi dan bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Serta kandungan kalorinya yang rendah.

2. Menangkal Penyakit Kanker

Berperan kuat menangkal dan mencegah kanker. Hal ini karena kandungan antioksidan gula aren yang cukup tinggi. Sehingga meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ampuh mengontrol kadar kolesterol tetap normal, sehingga baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan niasin atau vitamin B3 yang tinggi.

4. Menjaga Kadar Kolestrol Tetap Normal

Gula aren diperoleh dari pohon aren melalui proses penyadapan niranya. Proses pembuatan gula ini umumnya menggunakan jenis bunga yang cukup banyak.

5. Menghaluskan dan Menjaga Kesehatan Kulit

Melindungi kesehatan kulit dari radikal bebas. Hal ini karena kandungan niasin dan antioksidan dalam gula aren sangat baik untuk membuat kulit tubuh menjadi cerah dan halus.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

Berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Hal ini karena kandungan serat dan mineral aktifnya. Lancarnya pencernaan akan menjauhkan tubuh dari berbagai penyakit.

7. Mengatasi Problem Anemia

Gula aren juga diketahui kaya dengan kandungan zat besi dan vitamin C yang sangat berguna dalam produksi sel darah merah. Karena itulah berkhasiat mengatasi masalah anemia.

#TantanganGurusiana_hari ke-42

Oleh. Ela Komala

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren pisan teh,, Sukses selalu

07 Aug
Balas

Aamiin Yra Hanupis ya.....

11 Aug

sukses juga buatmu...

11 Aug

Tulisan yg sangat bermanfaat. Terima kadih berbaginya Bunda... semangat terus berkarya. Smg sukses...

07 Aug
Balas

terima kasih.... sukses juga buatmu alhamdulillah

11 Aug

Wah...keren Bu informasinya. Jadi nambah pengetahuan nih...sukses Ibu

07 Aug
Balas

sukses juga buatmu... ayo coba konsumsi setiap hari gula aren yang asli ya....

11 Aug

Terima kasih ilmunya Bu. Tulisan yang bermanfaat. Keren Bu dan salam sukses.

07 Aug
Balas

sukses juga buatmu...terima kasih atas komentnya

11 Aug

Terimakasih informasinya bu. Salam literasi

07 Aug
Balas

sama-sama ya.... salam literasi

11 Aug

Htr nhn ilmunya gula aren tidak berlaku untuk pemanis diriku hehe

07 Aug
Balas

karena sudah manis ya... he he sami sami Teh...

11 Aug



search

New Post