LIBUR SEKOLAH TUGAS BERTAMBAH
Tantangan Hari Ke-7
#Tantangan gurusiana
Tugas dan pekerjaan yang menyita waktu lumayan membuatku sibuk sehingga sedikit melupakan kesedihanku tentang belum hadirnya si biru.
Maklum semenjak sekolah diliburkan, pekerjaan sebagai orang tua makin banyak.
Ya,,,,walaupun sekolah libur, tapi guru tetap bekerja seperti biasanya.
Ketika pulang sekolah, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga menanti.
Wow, Terlihat tumpukan piring dan peralatan dapur yang sudah menggunung kembali padahal sebelum berangkat, hanya tertinggal sedikit. Ternyata ajaib cucian akan semakin bertambah saat ditinggal si empunya.
Usut punya usut ternyata si bujang yang sedang masa-masa pertumbuhan, dengan berbekal bahan yang sudah ada berinovasi membuat aneka ragam makanan.
Jadilah dapur menjadi ajang kreatifitas orang-orang lapar.
Akhirnya lelahku harus kutunda, demi melihat tumpukan cucian yang seakan-akan melambai memohon untuk dibersihkan.
Lanjut deh masak...osreng-osreng bikin masakan buat hidangan keluarga.
Selesailah sudah tugas.
Eits,,,,, tugas belum selesai.
Kubuka ponsel, kulihat grup kelas 4 Ikhwan.
Kubuka perlahan, dan........jreng jreng....
Pertama tugas tematik, oke membahas tentang jenis-jenis tenaga kerja berdasarkan produktivitasnya.
"Ayo De, ambil buku tematiknya. Buka halaman 96 ya ...."
Ada tiga pertanyaan di buku tematik yang harus dijawab.
Menjawab pertanyaan tentang jenis-jenis pekerjaan.
Mulai dari tenaga kerja terdidik, terlatih serta tidak terdidik dan tidak terlatih (disertai contoh profesinya, masing-masing 4).
Lanjut matematika.
Ada sepuluh nomor tentang bilangan akar.
Sebenarnya sih gampang, tapi kalau harus mrnggunakan jalannya itu yang bikin kleyengan.
Duh, lumayan bikin rada pusing.
Alhamdulillah, tidak lupa guru nya mengirimkan tutorial cara pengerjaannya.
Putar videonya, mencoba mencermati jalannya. Walaupun harus berkali-kali melihat, Alhamdulillah, akhirnya bisa menangkap maknanya.
"Sip, ngerti sekarang De,"kataku dengan hati riang.
"Yuk, kita kerjakan De. Pertama bikin dulu tabel bilangan akar pangkat dua".
"Sekarang waktunya kita kerjakan. Nomor 1 dan 2 gampang ya De. Nah nomor 3 mulai nih".
√225 = _ _
Langkah pertama hitung dua angka dari belakang, kasih sekat di angka 25, jadilah seperti ini √2|25= _ _
Strip yang pertama diisi puluhan dan yang kedua satuan.
Sebelah kiri 2, angka berapa jika dikuadratkan mendekati angka 2, berarti 1 kuadrat,
Simpanlah angka 1 di strip pertama, seperti ini: √225 = 1
Setelah itu 1 dikuadratkan hasilnya 1, disimpan di bawah, seperti ini :
√2|25= 1,
1____ -
Dikurangi, hasilnya 1. Bandingkan dengan angka yang menjadi hasil.
1 dengan 1, artinya sama berarti ambil angka yang paling besar. Terus karena angka terakhirnya 5, maka otomatis angka kedua satuannya 5. Jadi jawabannya 5, digabungkan jadi 15.
Lanjut nomor 4. √1|69 = _ _
Angka yang mendekati 1, dikurangi hasilnya 0.
√1|69 = 1
1____ -
0, lebih kecil jika dibandingkan dengan angka 1. Cari angka kuadrat yang hasilnya ada angka 9, terdapat dua angka, yaitu 3 dan 7. Karena hasil pengurangan lebih kecil, maka yang diambil paling kecil yaitu 3. Jadinya
√169= 13.
"Alhamdulillah akhirnya selesai juga De. Sok kalau mau nonton tv sekarang, karena tugasnya sudah selesai".
Ibunya sudah selesai. Belummmmm
Sekarang waktunya membuka grup orang tua santri, mulai lagi mata dan pikiran dikuras tuk mengerjakan sekaligus memantau tugas ci bujang.
Hem,,,kembali lagi berkutat.
Ayo,,, Ibu-ibu makin sedikit atau makin banyak nih kerjaanya sekarang???
Banjar, 17 Maret 2020
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.
Laporkan Penyalahgunaan
Komentar