Ela Vera Rahmawati

Diangkat menjadi CPNS pada tahun 2006 di SMP Negeri 8 Banjar Kota Banjar Provinsi Jawa Barat sampai sekarang. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

SAMA NAMA BEDA ISI

Tantangan Hari Ke-93

#Tantangan Gurusiana

Namanya PAT(Penilaian Akhir Tahun) alias ujian pada saat akan dilakukan kenaikan kelas. Dilakukan secara online atau melalui jaringan dengan pengerjaan dilakukan dari rumah.

Walaupun nama dan sistemnya sama namun ada beberapa perbedaan mendasar antara PAT online kakak dan adik, yaitu :

1. Waktu pelaksanaan.

Ujian Kakak dilaksanakan pada saat pagi hari dengan alokasi waktu selama 1.5 jam mulai dari pukul 07.30 s.d 09.00.

Sementara adik dilaksanakan pada siang hari mulai pukul 13.00.

2. Ketentuan Waktu

Ujian Kakak waktunya sudah ditentukan, sehingga pelaksanaan PAT sama waktunya tidak berbeda dengan alokasi waktupun sama. Sedangkan adik pelaksanaan PAT waktunya fleksibel karena sebelumnya terdapat perjanjian atau ada kontrak waktu pelaksanaan ujian sehingga setiap siswa akan berbeda waktu ujiannya sesuai dengan kesanggupan dari orang tua. Dengan alokasi waktu yang berbeda pula tergantung waktu pengerjaan siswa.

Sehingga tidak ada pembatasan waktu pengerjaan ujian.

3. Pakaian

Pada saat melaksanakan ujian kakak dapat berpakaian bebas tanpa ada aturan yang mengikat sementara adik pada saat ujian harus menggunakan baju seragam sesuai dengan harinya, sehingga pada saat pelaksanaan terkesan serius.

4. Butir soal ujian

Selama awal ujian, kakak senantiasa mempersiapkan kertas hvs yang sudah diberi no absen, nama dan kelas. Jawaban ditulis dalam kertas kemudian difoto dan dikirimkam ke link yang sudah ditentukan. Hal ini dilakukan karena ujian berbentuk essay. Sementara soal adik berbentuk pilihan ganda sehingga pengisian jawaban bisa langsung di soal.

5. Hasil Ujian

Untuk kakak hasil ujian tidak bisa terlihat karena soalnya berbentuk essay sedangkan adik setelah selesai ujian bisa langsung melihat skor sehingga tahu berapa nilai yang diperoleh.

6. Dampak yang dirasakan

Karena tidak terlihat hasilnya, maka kakak terlihat adem ayem saja karena punya prinsip yang penting sudah mengerjakan. Sementara adik terlihat lebih bersemangat dan berhati-hati karena hasil ujian dapat terlihat. Ketika hasilnya bagus maka semangatnya kian membara dan perasaannya sangat senang sedangkan pada saat nilainya kurang bagus terkadang membuat semangatnya turun namun menyebabkan usahanya semakin tinggi.

Apapun bentuk dan hasilnya, yang jelas dalam pelaksanaan PAT ini guru dan unsur pendidikan di lembaga pendidikan yang bersangkutan berusaha untuk memberikan layanan dan pendidikan yang terbaik untuk siswa-siswinya di tengah pandemi ini.

Terakhir kita doakan bersama semoga pandemi ini segera berlalu dan berhenti digantikan dengan keadaan yang tenang damai untuk semua unsur kehidupan terutama pendidikan.

Aamiin ya Allah ya Rabbal Aalamiin.

Banjar, 11 Juni 2020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin. Keren artikelnya bu

11 Jun
Balas

Makasih pa sdh mampir...

11 Jun

Makasih pa sdh mampir...

11 Jun

Wow. Masya Allah. Salam Literasi ya Bu?

11 Jun
Balas

Salam kembali pa...

11 Jun



search

New Post