ELFASANTI, M.Pd

ELFASANTI, M.Pd Guru SMP Negeri 5 Bukittinggi Sumatera Barat...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kembali  ke Zona Hijau

Kembali ke Zona Hijau

# tantangangurusiana hari ke-76

Informasi dari pemerintah Kota Bukittinggi bahwa Bukittinggi telah berada di zona hijau disambut dengan rasa syukur yang luar biasa dari segala lapisan masyarakat. Kenapa tidak, terbayang segala kagiatan kembali seperti semula. Terutama dibidang pendidikan, peserta didik akan kembali ke sekolah dengan pembelajaran tatap muka. Kita tunggu hasil rapat kepala sekolah dengan dinas terkait yang akan di gelar besok jumat. Mudah mudahan kita kembali ke sekolah seperti biasa.

Orangtua juga berharap anaknya segera sekolah bertemu dengan guru. Menurut pendapat beberapa orangtua anaknya lebih patuh dan mendengar apa yang dikatakan guru. Sementara di rumah mereka lebih banyak menghabiskan waktunya untuk game online, jika dilarang malahan membantah kata kata orangtuanya. Jadi orangtua juga mulai tidak sanggup mendidik anaknya di rumah. Quota internet habis bukan untuk mengerjakan tugas, tetapi untuk bermain online. Tidak semua orangtua mempunyai waktu untuk mendampingi anak belajar dirumah, berbagai macam aktifitas harus mereka lakukan diluar rumah. Kendala yang lain, orang tua yang mempunyai anak di sekolah dasar, sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atau sekolah menengah kejuruan, ketiga anaknya tergantung kepada satu handphone orang tuanya. Jika guru memberikan tugas dalam bentuk video, power point, Microsoft word dan Microsoft Exel terkadang tidak semua handphone yang mempunyai aplikasi yang mendukung.

Hari pertama pemberian tugas daring, orangtua sudah menyampaikan keluhannya, bahwa handphonenya tidak mampu untuk membuka tugas dalam bentuk video yang dikirim kepaguyuban. Harusnya kasus ini menjadi catatan bagi semua pihak dan memberikan pemecahan masalahnya. Guru juga mengalami hal yang sama walaupun dalam bentuk yang berbeda. Guru harus menyiapkan media pembelajaran daring, misalkan mempersiapkan video pembelajaran, menggunggah video dan membagikan video pembelajaran di paguyuban, sampai sampai ruang penyimpanan handphone penuh. Semoga saja kita bisa kembali ke sekolah dengan pembelajaran tatap muka.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Semoga covid segera berlalu. Tetap semangat..salam santun

23 Jul
Balas

aamiin buda

24 Jul

Alhamdulillah... semoga pandemi covid 19 cepat berlalu... keren bun

23 Jul
Balas

mokasih bunda

24 Jul

Aamiin...

23 Jul
Balas

mudah mudahan Ima

24 Jul



search

New Post