Eliana Safitri lubis

Assalamualaikum wr.wb. Salam kenal sebelumnya dengan sahabat-sahabat guru se-Indonesia. Saya Eliana Safitri Lubis, S.Pd. Lahir di Medan. Menamatkan kuliah tahun...

Selengkapnya
Navigasi Web
Apakah Sejarah Namamu?

Apakah Sejarah Namamu?

Hujan pagi ini di kotaku. Dingin udara menuntun untuk rehat di tempat tidur. Mencari sesuatu yang menarik di internet. Rencananya mau baca-baca tulisan gurusianer di blog. Ehhh terbuka laman nama dan maknanya. Alhasil jadi pingin tahu arti nama saya dari berbagai makna bahasa.

Info dari google maka dapatlah arti nama saya dari berbagai bahasa. Alhamdulillah semuanya masih bermakna positif. Dan uniknya kata 'eliana' juga berasal dari bahasa Jawa yang artinya berkembang atau maju. Benarkah? Saya sendiri kok tidak tahu ya. Karena orang-orang Medan yang bersuku Jawa tak pernah sekalipun mengucapkan kata eliana untuk merujuk makna maju atau berkembang. Oh, mungkin bahasa Jawa yang bagaimana kali ya. Sama seperti bahasa Batak yang juga berbeda-beda, ada bahasa Batak Mandailing, Batak Toba, dll.

Jika dilihat dari sejarah kelahiran saya sebenarnya nama Eliana adalah nama pemberian Mamak saya yang sudah meninggal. Dulu, saya pernah bertanya "Mak, gimana sih cerita nama saya, sehingga menjadi Eliana Safitri?" Mamak saya berkata "Mamak pengen adik perempuan karena adik mamak laki-laki semua. Pada adiknya yang ke delapan mamak berharap sekali adik Mamak seorang perempuan dan akan diberi nama eliana. ehh ternyata laki-laki. Anak yang yang kedelapan itu mamak kasih nama Edi Saputra. Hingga adik yang kesebelas pun Allah tetap memberikan anak laki-laki." Sedangkan kata Lubis yah memang karena marga. Dalam suku Batak kalau ayahnya bermarga anak akan mendapat marga sang ayah. Tapi kalau ibunya yang bermarga maka anak tidak dapat marga ibunya.

Hingga akhirnya jodoh mamak datang dan lahirlah saya. Nah nama yang terpendam untuk sekian tahun lamanya akhirnya disematkan pada diri saya. Terima kasih mamakku sayang telah memberikan nama yang terindah untuk saya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

luar biasa sejarah nama Eliana, penantian yang panjang....

10 May
Balas

Benar bunda ... Begitulah yg disampaikan almarhumah dulunya

10 May

Nama yang indah dari mamak

10 May
Balas

Trimksh bunda....Pastinya nama2 kita memiliki makna yg baik

10 May



search

New Post