Eliana Safitri lubis

Assalamualaikum wr.wb. Salam kenal sebelumnya dengan sahabat-sahabat guru se-Indonesia. Saya Eliana Safitri Lubis, S.Pd. Lahir di Medan. Menamatkan kuliah tahun...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berbagi Resume Diklat

Berbagi Resume Diklat

Hari ini merupakan hari ketiga pelatihan kurikulum 2013. Semua para peserta diklat tetap semangat mengikuti diskusi diklat kali ini.

Ada beberapa hal penting yang bisa saya simpulkan berkaitan dengan pelatihan kali ini. Mungkin untuk beberapa sekolah atau daerah bukanlah hal asing lagi. Tapi bagi saya, ini merupakan sesuatu yang baru, apalagi sebelumnya kami masih menggunakan KTSP.

Informasi-informasi yang saya sarikan ini sy peroleh dari penjelasan instruktur, modul, serta hasil diskusi para peserta diklat. Hal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Untuk KI dan KI2 tidak dijabarkankan lagi pada RPP kecuali mapel Agama dan PKN. Artinya harus terjadi komunikasi aktif antara guru bidang studi Agama, PKN, guru bidang studi lainnya dengan wali kelas dalam pendeskripsian nilai-nilai karakter peserta didik.

2. Dalam silabus K13 revisi tahun 2018 hanya terdiri dari tiga kolom saja yang meliputi, Kompetensi Dasar, Materi dan Kegiatan Pelajaran berbeda dengan KTSP dan silabus K13 revisi 2017 yang masih memiliki tujuh kolom.

3. Kata yang digunakan untuk menentukan anak didik kita adalah peserta didik bukan siswa lagi.

4. Guru dituntut juga membuat LK yang sesuai dengan kebutuhan sekolah, untuk LKS ditiadakan.

5. Hasil observasi K1 dan K2 bagi mapel yang lain dilakukan lewat observasi melalui rubrik penilaian.

6. Guru juga diharapkan membuka wawasan kebangsaan, dan budaya daerah dengan berbagai cara. Artinya guru harus menanamkan nilai2 karakter dan budaya lewat nayanyian, gambar, puisi, dll.

7. Dll

Semoga informasi2 baru yang kami peroleh ini dapat dilaksanakan dan diterapkan di sekolah masing-masing.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sip! Setelah pelatihan, kompetensi hrs lebih meningkat shg memberi manfaat utk kemajuan sekolah ya, Bu?

25 Jul
Balas

Trimksh pak Edi.... Insha Allah siap dilaksanakan....

25 Jul

Indahnya berbagi. Jazakumullah khoiron katsiro...bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah...bunda.

25 Jul
Balas

Trimksh bunda...Sehat selalu untuk bunda Nana juga...

25 Jul

Alhamdulillaah.. Terimakasih keikhlasannya tuk berbagi bunda. Salam Kompersa dariku ya

25 Jul
Balas

Sama2 bunda....Semoga bermanfaat....

25 Jul



search

New Post