Elida sustia

Pengajar di SMAN 39 Jakarta, Aktif di MGMP Ekonomi Wilayah Jakarta Timur 2...

Selengkapnya
Navigasi Web
DUA SETENGAN BULAN DI ICU (bagian 2)
Pemasangan slang NGT untuk memberikan nutrisi

DUA SETENGAN BULAN DI ICU (bagian 2)

MENULIS HARI KE -17

DUA SETENGAN BULAN DI ICU (bagian 2)

Penulis : Elida Sustia (Guru SMAN 39 Jakarta)

Alhamdulillah semua saudara kompak bahu membahu membantu untuk bisa memenuhi kebutuhan obat selama 5 hari. Setelah pengobatan 5 hari juga belum langsung sadar, namun pelan-pelan sudah bisa bergerak yang tadinya sudah seperti mayat tidak bergerak sama sekali dan matanya ditutup dengan isolasi. Saya saat membezuk sempat bertanya kenapa matanya di tutup, supaya tidak terjadi kebutaan jika Abelnya sembuh, begitu jawaban dokternya.

Selama perawatan Abil di ICU bu Yenti tidak pernah pulang kerumah, hanya suami dan saudara yang mondar mandir melihat perkembangannya ke rumah sakit.

Untuk kita orang amam rasanya tidak mungkin sembuh jika melihat kondisi AbIl yang terbujur kaku di ruang ICU dan banyak slang terpasang. Pengunjung yang datang silih berganti baik dari keluarga, tetangga dan teman-teman bu Yenti yang selalu mendaokan kesehatan Abil. Neneknya Abil menyarankan supaya dibawa pulang kerumah karena kalau terjadi apa-apa maksudnya jika umur Abil tidak panjang, semua keluarga menyaksikan kepergiannya.

Namun bu Yenti tidak pernah menyerah dengan keadaan ini segala upaya dilakukan untuk kesembuhan Abil, selain medis juga non medis seperti mendatangkan orang pintar ke rumah sakit dan hanya bisa sampai di ruang tunggu untuk mendokan.

Dalam keadaan tidak sadar Abil dipasang slang NGT. Tindakan pemasangan Selang Nasogastrik Tube (NGT) adalah proses medis yaitu memasukkan selang plastik (selang nasogastrik, NGT) melalui hidung, melewati tenggorokan dan terus sampai ke dalam lambung.

Slang ini digunakan untuk memberikan nutrisi dan obat-obatan kepada pasien yang tidak mampu untuk mengkonsumsi makanan, cairan, dan obat-obatan secara oral. Juga dapat digunakan untuk mengeluarkan isi dari lambung dengan cara disedot.

Selama di rawat di ruang ICU semua keluarga selalu mendoakan kesembuhan Abil. Bu Yenti terlihat sudah sangat lelah namun tidak pernah mengeluh tapi lebih banyak diam dan berdoa untuk kesembuhan putranya dan selalu memutarkan lantunan ayat suci Alquran lewat tape kecil yang diletakkan dekat telinganya Abil.

Ternyata masih panjang ceritanya jadi Abil belum bisa dibawa pulang, karena Abil harus menjalani operasi Trakeostomi, apa itu? tunggu cerita selanjutnya pada bagian ketiga InsyaAllah besok ya…

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Sedih sekali ceritanya Uni :'(

29 Apr
Balas



search

New Post