Eli Latipah

Lulus diploma dua dari PGSD IKIP Bandung (UPI) dan S1 dari Pendidikan Matematika STKIP Garut. Mengajar di SDN 2 Cintanagara Kecamatan Cigedug Kabupaten Garut, J...

Selengkapnya
Navigasi Web

Guru Daerah Khusus Luar Biasa

Atas takdir Alloh saya bisa datang ke Jakarta, menginap di hotel bintang lima dengan segala kenyamanannya, berkumpul bersama orang-orang hebat dengan prestasi dan pengalaman yang luar biasa, menerima berbagai ilmu yang sangat inspiratif sehingga memacu saya untuk lebih dan lebih maju lagi.

Teringat awal keberangkatan saya menjadi utusan dari tingkat kabupaten ke tingkat provinsi, saat itu ada rasa tidak percaya diri bahwa saya bisa melewati semuanya dikarenakan persiapan yang sangat terbatas. Sesampainya di provinsi ketegangan mulai saya rasakan, proses demi proses saya lewati, mulai dari tes tulis sampai dengan presentasi. Akhirnya semua saya pasrahkan kepada Allah Yang Maha Segalanya semoga apapun yang terjadi itu merupakan hal yang terbaik bagi saya.

Pelayanan dari panitia provinsi yang sangat ramah, kehangatan para juri profesional yang baik hati, materi-materi inspiratif dari nara sumber membuat ketegangan saya sedikit mereda. Ada rasa bangga dan kagum melihat para juri, senior-senior saya yang masih bersemangat berjuang demi kemajuan pendidikan bangsa ini. Cekatan, lincah, gesit , dan cerdas itulah yang nampak terlihat dari para juri tingkat provinsi. Berbagi pengalaman dengan peserta menjadi hal yang biasa dilakukan oleh para juri. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi saya khususnya dan umumnya bagi peserta lain. Dari berbagai penglaman tersebut timbul semangat dalam diri untuk lebih menggali dan mengembangkan potensi, mencoba melakukan hal positif yang sebelumnya belum pernah dilakukan, ragu, atau pun merasa tidak akan mampu melakukan.

Akhirnya pengumuman pun tiba, berbagai rasa tercampur di dada. Ya Alloh, mudah-mudahan yang terjadi padaku merupakan hal terbaik bagiku pikirku saat itu. Satu demi persatu kategori diumumkan dan sampailah pada kategori Guru SD Putri Daerah Khusus Berdedikasi, Alhamdulillah atas kehendak Allah saya berhasil untuk mewakili daerah Provinsi Jawa Barat di tingkat nasional. Sujud syukurku tiada terhingga padamu Ya Allah atas segala nikmat yang Engkau berikan.

Akhirnya aku sampai di tingkat nasional dalam ajang Penghargaan Guru Berdedikasi Daerah Khusus bersama guru-guru hebat dan guru-guru luar biasa. Guru-guru yang berjuang memajukan anak-anak bangsa di pelosok-pelosok negeri yang jauh dari hingar-bingar keramaian kota. Dengan berbagai kondisi geografis yang rumit untuk dilalui, berbagai fasilitas yang sangat minim, dan tentu saja berbagai pengalaman menarik yang membuat hati dan dada bergetar saat mendengarnya. Mereka berani berkorban segalanya, harta bahkan nyawa. Tak sedikit uang yang dikeluarkan untuk mencapai sekolah tempat tugas mereka. Tak sedikit pula yang hampir kehilangan nyawa, mulai dari datangnya gelombang tinggi yang tiba-tiba menerjang perahu, bertugas di pedalaman hutan belantara yang mata pencaharian penduduknya perampok, hampir tersabet panah karena bertugas di daerah konflik, dan masih banyak pengalaman mengerikan lainnya yang mengiris hati.

Pada awalnya setiap utusan berharap menjadi yang terbaik, masuk tiga besar dalam penghargaan guru berdedikasi daerah khusus. Dengan berbagai bekal pengalaman dan keahlian akan ditunjukkan di tingkat nasional supaya mereka menjadi yang terbaik. Namun setelah mendengar berbagai pengalaman yang mereka ungkapkan dengan penuh air mata, penuh perjuangan, dan penuh keharuan ada rasa malu dalam diri malu karena perjuangan saya tidak seberapa dibanding perjuangan mereka. Tidak ada lagi kata berlomba, bersaing, bahkan ingin menjadi pemenang karena merasa diri ini tidak pantas untuk mendapatkan hal itu. Ada orang yang jauh lebih pantas mendapatkan semuanya. Yaitu guru-guru hebat, guru-guru luar biasa yang tetap bersemangat berjuang untuk mencerdaskan anak bangsa dengan mempertaruhkan segenap jiwa dan raganya di pelosok-pelosok negeri yang tak tampak dalam pandangan mata. Setiap peserta di tingkat nasional merupakan pemenang karena telah mampu bertahan untuk mengabdi di daerah khusus dengan segala kekurangnnya. Semoga guru-guru di daerah khusus mampu bertahan dan tetap berjuang demi memajukan pendidikan bangsa kita tercinta Indonesia.

Siapa Kita? Guru Daerah Khusus !!! “Guru Daerah Khusus Luar Biasa”.

Salam kangen untuk guru daerah khusus seluruh Indonesia, semoga dapat dipertemukan kembali dalam kegiatan positif lainnya. gurudaerahkhususluarbiasabiasadiluar"

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post