Elis lisnawati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
FKG IPS KBB : OPTIMIS, KOLABORATIF, JEJARING

FKG IPS KBB : OPTIMIS, KOLABORATIF, JEJARING

Forum Komunikasi Guru IPS (FKG-IPS) Kabupaten Bandung Barat, merupakan wadah baru guru-guru IPS di Kabupaten Bandung Barat dalam rangka meningkatkan profesionalismenya. Dimana tujuan dari forum ini adalah sebagai mitra MGMP jadi tugasnya tidak tumpang tindih. Harapan besar untuk dapat berkiprah dalam memajukan IPS sangat tergambar jelas dari forum baru ini. Dimana IPS sebagai ilmu pengetahuan sosial yang mengajarkan bagaimana kita hidup bersama baik dengan sesama manusia ataupun dengan lingkungan sekitar sehingga yang dibutuhkan adalah bagaimana kita bisa memupuk nilai-nilai kebersamaan. Kedudukan IPS dilihat dari fungsinya yaitu bisa mengantarkan seseorang menjadi warga negara yang aktif. Bahwa mereka dituntut aktif dalam kehidupannya, dia bukan warga negara yang pasif yang tidak memahami masalah-masalah dilingkungannya serta tidak mau terlibat dalam usaha memecahkan persoalan-persoalan yang ada.

Sehingga FKG IPS Kabupaten Bandung Barat lahir untuk dapat memberikan kontribusi positif dalam dunia pendidikan. Sharing pengalaman dalam proses pembelajaran serta memecahkan masalah-masalah yang dianggap urgent untuk mendapatkan jawaban yang kurang lebih ideal bagi peserta didik menjadi bahan diskusi bersama. Sehingga semuanya sesuai dengan Visi FKG IPS Kabupaten Bandung Barat yaitu menjadi “Pemersatu Guru IPS” , semua anggota yang ada didalamnya bisa bekerjasama, bersinergis dalam memajukan IPS.

Berangkat dari harapan dan tujuan itu, kami guru-guru IPS yang ada di wilayah Kabupaten Bandung Barat bersatu, bersinergi dengan tekad yang kuat untuk menjadi agent perubahan ke arah yang jauh lebih baik untuk bisa berkontribusi positif tentunya dalam dunia pendidikan. Dian Diana M.Pd, Sumaroto M.Pd, Budi Hermawan S.Pd, Nunu Adam Nugraha M.Pd, Abdul Cholik S.Pd merupakan tokoh penggerak berdirinya forum ini, dimana dengan pengalamannya dalam berorganisasi baik dalam kepengurusan MGMP ataupun yang lainnya mereka sudah teruji kemampuan, loyalitas dan dedikasinya terhadap dunia pendidikan khususnya mata pelajaran IPS. Sehingga tepat tagl 1 Februari 2017 bertempat di SMPN 2 Padalarang diadakan pembentukan kepengurusan FKG-IPS KBB dengan Hilman Latief M.Pd diangkat secara aklamasi menjadi ketua FKG IPS KBB periode 2017-2020.

Dengan bermodalkan tekad dan keinginan, mulai dari sana kami bergerak melakukan kegiatan rapat kerja. Raker FKG IPS pertama dilakukan di SMPN 3 Ngamprah, dalam rangka pembagian tugas Program Kerja masing-masing bidang. Disana kami berdiskusi masing-masing bidang untuk melaporkan program kerjanya selama 3 tahun kedepan. Bidang garapan yang dimaksud adalah :

1. Pengkajian IPTEK Dan Pengembangan Media Pendidikan :

2. Pengembangan & Peningkatan Sumber Daya Manusia:

3. Litbang

4. Kesekretariatan

5. pengembangan organisasi

6. Kewirausahaan

7. Hukum Dan Advokasi

8. Humas Dan Publikasi

Pertemuan pada saat itu juga dapat menghasilkan semua program kerja dari masing-masing bidang tentunya setelah dimusyawarahkeun dan mendapat masukan dari semua kepengurusan yang hadir pada saat itu.

Pertemuan berikutnya pun dilakukan di SMPN 2 Ngamprah tepatnya pada tanggal 1 Maret 2017 dengan agenda rencana pelaksanaan seminar yang akan segera dilaksanakan. Berbagai persiapanpun dilaksanakan mulai dari rencana waktu pelaksanaan, tempat pelaksanaan, pemateri dalam kegiatan seminar sampai dengan pembentukan kepanitian pelaksanaan kegiatan seminar. “Pelatihan penulisan KTI dan Artikel Populer” tema yang akan diangkat dalam seminar yang akan dilaksanakan.

Persiapan pun dilakukan dengan menyiapkan berbagai keperluan yang dibutuhkan mulai dari koordinasi dengan dinas, menghubungi kesiapan pemateri, rencana anggaran, persiapan konsumsi, pengadaan ATK untuk peserta, pengadaan sertifikat, promosi dan lain-lain. Semua panitia bahu membahu untuk mensukseskan gebrakan pertama FKG IPS KBB ini.

Dengan bermodalkan semangat, rasa optimis, kolaborasi dan memanfaatkan jejaring, alhamdulilah hajatan perdana FKG IPS ini dapat berjalan lancar sesuai rencana. Meski diawal-awal pendaftar kurang dari target tetapi mendekati pelaksanaan seminar peserta yang mendaftar bertambah terus.

Waktu pelaksanaan pun pada akhirnya tiba, tepatnya tanggal 29 April 2017 yang bertempat di Al-Azhar Syifa Budi Parahyangan. Pengukuhan kepengurusan FKG IPS KBB untuk periode 2017-2020 menjadi satu agenda yang diselipkan dalam seminar tersebut. Peserta yang mendaftar sebanyak 155 orang dari berbagai mata pelajaran yang berasal dari KBB, Kab. Bandung, Kota Bandung, Cimahi, Subang dan Bogor. Pencapaian yang luar biasa untuk kegiatan perdana yang dilakukan oleh FKG-IPS Kabupaten Bandung Barat. Selain pesertanya yang banyak, alhamdulilah kegiatannya pun berjalan lancar sesuai dengan rencana dan sukses untuk kegiatan perdana ini. Alhamdulilah di rumah baruku ini yakni FKG IPS KBB, saya bisa bertemu dengan orang-orang yang memiliki semangat luar biasa dengan dedikasi dan loyalitas tinggi pada instansi kerjanya disertai kemampuan yang mumpuni baik dalam kemampuan pengetahuan maupun kemampuan sosial yang dimilikinya. Semoga energi positif yang ada bisa menular pada kami-kami yang masih mentah pengalaman dan haus akan tambahan pengetahuan dalam segala hal. Banyak yang bisa kami gali, banyak yang bisa kami teladani dan banyak yang bisa kami adopsi untuk memperbaiki diri.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post