Elis Nurhayati

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web

Tujuan Sekolah

Banyak kita dengar berbagai kenakalan yang terjadi pada anak usia sekolah. Mulai dari perkelahian, merokok di sekolah, sampai ikut ikutan komunitas yang gak jelas tujuannya. Sangat miris didengarnya. Sebenarnya apa sih tujuan mereka bersekolah. Apakah hanya mengisi kekosongan saja, apakah karena gengsi, atau supaya lebih mudah dapat uang jajan. Atau juga supaya dapat banyak teman.

Beberapa tujuan yang bisa merusak hakikat bersekolah. Padahal semua amal perbuatan dimulai dari niat. Jika niatnya saja sudah gak jelas, bagaimana hasilnya ?

Sekarang apakah setiap siswa itu sudah memahami, tujuan apa yang harus mereka capai, disaat mereka duduk di bangku sekolah. Apakah mereka hanya ingin meraih kesuksesan, untuk masa depan yang lebih baik. Tentu hal itu tidak salah. Namun alangkah baiknya mereka dapat memahaminya lebih jauh. Sehingga pada hakikatnya tujuan sekolah itu lebih bermakna

Sebagai seorang guru kita berkewajiban memberikan pemahaman itu kepada para siswa. Ada tiga hal utama yang merupakan tujuan bersekolah, yaitu

1. Bersekolah untuk ibadah

Bukankah kita diciptakan ke alam dunia ini untuk beribadah, maka tak ada jeda waktu sedikitpun, yang kita miliki kecuali untuk beribadah. Menurut Ibnu Taimiyah, bahwa ibadah adalah segala kegiatan yang dicintai dan diridhoi oleh Allah swt, mencakup perkataan, perbuatan, baik yang tampak atau yang tidak. Maka jika kita melakukan sesuatu hal, kita bertanya dalam hati apakah Allah swt ridho atau tidak? Nah, kalau niat kita sekolah adalah untuk beribadah, maka insya Allah pahala akan mengalir sejak berangkat hingga kita pulang dari sekolah. Aamiin yra.

2. Bersekolah untuk menjadi kholifah

Tugas yang diberikan kepada umat manusia di dunia adalah menjadi kholifah. Minimal menjadi kholifah buat diri kita dan keluarga, sehingga dalam menjalani hidup kita bisa berikhtiar dengan belajar, berkarya dan beramal seoptimal mungkin. Sehingga disaat kita meninggaljan dunia ini kita bisa tersenyum manis, karena karya kita bermanfaat bagi orang lain untuk mensejahterakan keluarga kita, masyarakat dan umat.

3. Bersekolah untuk berdakwah

Sebagian orang berfikir kata dakwah sangat berkaitan dengan ustadz atau ustadzah. Terbayangnya pasti urusan dengan ceramah, jenggot panjang, kopiah, baju kojo, sarung dan jilbab. Wah berat banget tuh. Padahal kalimat langit menyerukan kepada kita kebaikan, mencegah kemunkaran, itulah identitas seorang muslim yang harus tetap kita pegang teguh.

Semoga saja melalui ketiga tujuan ini, bisa membuka wawasan bagi para siswa. Sehingga siswa lebih mantap lagi hatinya untuk terus bersekolah mencari ilmu untuk urusan dunia dan akhirat.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post