Elizabeth Tjahjadarmawan

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Produk BUBER dalam Gerakan Literasi Sekolah

Produk BUBER dalam Gerakan Literasi Sekolah

Verba Volant Scripta Manen. Kalimat sepenggal itu selalu menjadi bagian dalam jiwa saya saat saya berpikir tentang menulis. Memang menulis bukan sekedar hobby namun filosifi tentang menulis membuka paradigma saya terhadap sejarah masa depan yang akan kita wariskan kepada generasi berikutnya saat catatan-catatan itu ada dan di baca oleh anak cucu kita. Menulis adalah life skill, bagian dari kehidupan. Sejarah diciptakan dari rangkaian kata. Nasib manusia dapat diubah melalui sebuah tulisan. Salah satu membiasakan menulis dimulai dari banyak membaca buku yang dapat diawali dari gerakan literasi di sekolah seperti yang sudah diterapkan di sekolah SMA Xaverius 1 Kota Jambi. Gerakan literasi dicanangkan pemerintah dalam Permendikbud No 21 tahun 2015 tentang pembiasaan budaya membaca, menulis, mengkomunikasikan informasi dan pengetahuan dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup bagi manusia. Gerakan literasi sekolah membuat manusia mencetak sejarah masa depan. Terbitnya BUBER (buku bersama) yang ditulis oleh siswa dan guru di suatu sekolah adalah produk literasi hasil implementasi kegiatan membaca dan menulis. Dalam hal ini BUBER yang berjudul MERANGKAI KATA MENITI ASA sudah diterbitkan pada Oktober 2016 lalu, menjadi buku berISBN yang berisi tentang 105 unsur kimia yang diulas deskriptif dalam gaya bahasa sastra ringan yaitu bentuk puisi sederhana, manis, dan berbasis karakter. Dari puisi-puisi yang ditulis itu, menyatakan bahwa memang benar tidak perlu jauh-jauh kita bisa belajar dari alam bagaimana seharusnya berperilaku. Buku berisi sumber informasi berupa pengetahuan materi sains yang dipadukan dengan seni dalam deskripsi tulisan yang mengandung nilai karakter ini dianjurkan dibaca baik oleh guru, orangtua, siswa-siswi semua jenjang, serta pembaca umum. Khususnya bagi pendidik, diharapkan buku ini memberi inspirasi bagaimana menumbuhkan bibit menulis dalam diri peserta didik kita sebagai generasi yang literat. Berikut adalah salah satu isi dari buku tersebut: B O R O N (oleh Bertilia Perani) Ada hitam, ada coklat Menghasilkan api hijau terang Punya sifat semilogam Tak pernah ditemukan bebas di alam Rompi anti peluru dan tangki baja Kaca, keramik hingga antiseptik Pelapis kulkas juga mesin cuci Hingga penyala roket ku dibutuhkan Gay Lussac dan Louis Jaques Serta Humphry Davy sebagai penemu Semi konduktor tergantung suhu Bahan kaya elektron ditunggu selalu Ikatan kovalen dapat kubentuk Membunuh serangga keahlianku Ikan-ikan takut padaku Dapat pula meracunimu Belajar dariku jangan kau ragu Ketika dibakar berubah warnaku Bila baik, perubahan itu perlu Dibutuhkan namun dapat membunuhmu Hati-hatilah dengan segala sesuatu

X E N O N (oleh: Imora Kamul) Kuperoleh kau dari pencairan gas Tidak hanya di bumi tapi juga di mars Kau tidak meleleh di air panas Sebab titik lelehmu jauh di bawah batas Logam mulia jenismu Udara lebih ringan darimu Beratnya molekulmu Hingga ionisasi sulit terjadi padamu Kau tak berwarna Baumu juga tak ada Kau juga tak berasa Namun bagi lampu kau berjasa Kau mudah menyesuaikan diri Di segala situasi dan kondisi Meski polos tapi berarti Bagi seluruh insan di bumi Selanjutnya bagi pembaca yang berkenan memilikinya silakan menulis pesan di WA dengan nomor 0853-8340-3600. Generasi literat menciptakan budaya membaca dan menulis negara kita sehingga bisa sejajar dengan negara lain. Harapan jangka panjang angka score PISA kita di tahun 2019 mendatang akan jauh lebih meningkat dari sebelumnya. Semoga.
DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post