Elly Sofiar

Widyaiswara PPPPTK Bahasa, Kemdikbud, Jakarta...

Selengkapnya
Navigasi Web

Guru hebat

Di bulan Mei, bulan Hari Pendidikan Nasional dimana kurang lebih empat hari saya bersama-sama rekan-rekan guru yang berasal dari kurang lebih dua puluh lima provinsi di kota pahlawan Surabaya. Mereka diundang untuk mengikuti kegiatan bimbingan teknis (bimtek) peningkatan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial. Di sini kami melakukan bimtek dengan model activity-based. Semua kegiatan merujuk pada dua kompetensi tersebut, kepribadian dan sosial. Tidak ada penjelasan awal dalam bentuk pengetahuan atau teori terhadap nilai-nilai kompetensi kepribadian dan sosial. Mereka melakukan permainan, role play, dan menonton film yang mana nilai-nilai tersebut terkandung di dalamnya. Kegiatan tersebut ada yang dilakukan dalam bentuk kegiatan secara individu, tetapi lebih banyak secara kelompok. Pesertanyapun heterogen, ada yang sudah memiliki pengalanan mengajar di bawah 10 tahun, tetapi ada juga di atas 20 tahun. Sehingga kegiatan ini nampak variatif dari peserta tersebut berdasarkan pengalaman mereka masing-masing. Diharapkan setelah mereka melihat, melakukan, berdiskusi, merefleksi, dan menyimpulkannya, mereka dapat pengalaman untuk berubah baik itu terhadap diri sendiri, peserta didik, sesama guru, kepala sekolah, warga sekolah, bahkan terhadap orang tua dan masyarakat juga. Kita semua tahu tidak semudah membalikkan tangan untuk mengubah sikap seseorang, tetapi paling tidak ada ada hal yang mengingatkan rekan guru atau memberikan kesadaran untuk berubah menjadi seorang guru yang memiliki kompetensi kepribadian dan sosial yang lebih baik. Peserta didik yang dididik oleh guru yang kompeten dan profesional, pasti mereka juga akan menjadi anak-anak yang kompeten dan profesional juga. Semoga sukses guru-guru hebatku. Keep learning.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Aamiin.sama2 bu

05 May
Balas

Thanks bu Nel

08 May
Balas

ALHAMDULILLAH HEBAT BU

08 May
Balas

Barakallah ...bunda. Salam sehat dan sukses selallu.

04 May
Balas



search

New Post