elmarika

Seiring berjalannya waktu cahaya itu semakin bersinar. Habis gelap terbitlah terang. Guru Seni Budaya dan Keterampilan di MTsN 3 Kota Padang. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Awet Muda Dengan Air Kelapa Tua

Awet Muda Dengan Air Kelapa Tua

Awet Muda Dengan Air Kelapa Tua

Tantangan Menulis Gurusiana H- 78

///

Dalam perjalanan panjang menuju Muaro Bungo, banyal pembicaraan yang terjadi. Dari masalah keluarga sampai masalah obat dan kecantikan. Salah seorang dari penumpang di mobil kami bercerita tentang khasiat air kelapa tua, katanya setiap memasak dengan menggunakan kelapa selalu menyempatkan meminum iar kelapa walaupun seteguk. Awalnya tidak tau khasitnya. Cuma suatu kebetylan dan sudah menjadi kebiasaan. Si Ibuk memang kelihatan lebih muda dari umurnya. Untuk menggunakan produk kecantikan lain tidak ada. Tapi membuat saya penasaran dengan kebiasaan yang beliau ceritakan.

Rasa penasaran membuat saya ingin mencari tau, apa benar air kelapa tua berkhasiat untuk menunda penuaan. Yang saya tahu air kelapa muda yang sering digunakan untuk obat dan lain sebagainya. Air kelapa tua kalau diminum malah bikin badan bau asam. Akhirnya saya tanya mbah Google, Sipintar jaman sekarang. Ternyata benar, banyak sekali khasiat dari air kelapa tua.

Kandungan Air Kelapa Tua

Buah kelapa yang tua mengandung kalori tinggi sebesar 359 kal per 100 gram; daging kelapa setengah tua kalori 180 kal per 100 gram dan daging kelapa muda mengandung kalori sebesar 68 kal per 100 gram.

Air kelapa umumnya kaya gizi, air kelapa mengnadung 4,7 persen total padatan, 2,6 persen gula, 0,55 persen protein, 0,74 persen lemak, serta 0,46 persen mineral. Unsur makro dan mikro yang ada dalam air kelapa seperti unsur makro adalah karbon dan nitrogen. Unsur karbon dalam air kelapa berupa karbohidrat sederhana misalnya fruktosa, inositol, sukrosa, dan lain-lain. Unsur nitrogen yang berupa proten, tersusun dari asam amino misalnya alin, alanin, serin, arginin dan sistin. Sebagai gambaran, kadar asam amino air kelapa lebih tinggi ketimbang asam amino dalam susu sapi.

Air kelapa mengandung mineral yang sebagai unsur mikro bagi tubuh. Mineral yang terdapat dalam air kelapa adalah magnesium (Mg), fosfor (P), Kahum (K), kalsium (Ca), Sulfur (S), natirum (Na), cuprum (Cu).

Jika lebih diteliti, ternyata air kelapa juga mengandung vitamin C, asam nikotinat, asam folat, riboflavin, asam nikotinat, dan pantotenat.

Manfaat Air Kelapa Tua untuk Wajah

1. Mencegah Kerutan Wajah

Kerutan wajah membuat kita terlihat tampak tua, namun anda tak usah khawatir dengan biaya yang mahal dalam menghilangkan atau perawatan wajah anda, karena air kelapa dapat anda gunakan dalam menghilangkan kerutan wajah dengan membasuh wajah menggunakan air kelapa yang dilakukan secara rutin, agar manfaat air kelapa dalam mencegah dan menghilangkan kerutan wajah dapat anda dapatkan secara maksimal.

2. Mencegah penuaan dini

Kandungan Asam lemak jenuh yang di sebut sebagai sitokin atau asam laurat merupakan salah satu elemen penting yang di butuhkan dalam proses regulasi dan pertumbuhan sel kulit. Kedua elemen ini berfungsi untuk menghambat terjadinya penuaan pada kulit wajah maupun kulit tubuh lainnya. Selain itu, kandungan Antitrombotik serta Antikarsinogenik dapat menjaga jaringan kulit serta menyeimbangkan Ph pada kulit. Terlebih kandungan cytokinin pada air kelapa berkhasiat sebagai Antikanker dan Antipenuaan.

3. Obat jerawat

Pertama, siapkan air kelapa sebanyak 1 gelas, kemudian campurkan dengan 3 sendok makan bubuk kunyit yang telah di parut, lalu simpan dalam lemari es semalaman. Setelah itu, saring hampas kunyit dengan kain dan oleskan airnya pada permukaan kulit secara merata, beri sedikit gosokan dan biarkan selama 20 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air sampai bersih. Ulangi cara diatas beberapa kali dalam seminggu secara rutin .

Manfaat Air Kelapa Tua untuk Wajah Lainnya

4. Menghilangkan flek hitam pada kulit wajah

5. Menyegarkan kulit wajah

6. Mengatasi kulit berminyak

7. Melembapkan kulit wajah

Sumber:

https://www.khasiat.co.id/id/minuman/manfaat-air-kelapa-tua/

///

Elmarikaspdgadisdesaasamkumbang

Padang01082020

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tks bu, salam literasi kembali

01 Aug
Balas

Terima kasih bun, sudah berbagi

01 Aug
Balas

Iya ibuk sama2, tks sdh mampir

02 Aug

Mantap dan mks el

02 Aug
Balas

Tks buksay, iya kembali kasih, semoga bermanfaat

02 Aug

Wah bermanfaat sekali artikel nya, salam literasi Bu elmarika

01 Aug
Balas

Tks bu, salam literasi kembali

01 Aug



search

New Post