elmarika

Seiring berjalannya waktu cahaya itu semakin bersinar. Habis gelap terbitlah terang. Guru Seni Budaya dan Keterampilan di MTsN 3 Kota Padang. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Berinovasi Demi Anak Bangsa

Berinovasi Demi Anak Bangsa

 

Berinovasi Demi Anak Bangsa

 

Tantangan Menulis Gurusiana H-69

 

///

 

Guru berperan penting dalam menyukseskan pendidikan. Peran, fungsi, dan kedudukan guru belum bisa tergantikan, sekali pun di era teknologi canggih sekarang . Namun begitu, agar kegiatan pembelajarannya berjalan sukses, guru dituntut selalu dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman.  Guru harus tanggap dengan perubahan tersebut, karena  beda zaman beda pula cara dan aturan.

 

Dalam kegiatan pembelajaran zaman sekarang, guru sudah seharusnya mempersiapkan diri secara maksimal , maka perlu disiapkan solusi kongkret pula. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan sistem pembalajaran jarak jauh dengan memanfaat teknologi yang ada. Jika tidak, maka ini akan memberikan dampak negatif terhadap perkembangan kematangan hasil dan pencapaian dari proses pendidikan.

 

 Bahkan, guru dituntut untuk terus melalukan inovasi dalam menyambut perubahan kurikulum yang kerap terjadi. Penggunaan IT semakin sangat dibutuhkan. Tidak hanya guru saja, siswapun seperti itu, harus pandai mempergunakannya. Tuntutan serba IT ini, sebagian orang dapat menerima dengan baik ada juga yang tidak, tergantung wawasan nya.

 

Dengan perubahan cara belajar yang kita hadapi sekarang, guru harus dapat menerimanya. Guru juga  dapat menyesuaikan keadaan. Di sini guru dituntut untuk dapat memanajemen waktu yang baik. Sebagian murid ada yang tidak memiliki hp android sebagai wadah pengiriman tugas,  guru harus menyediakan tugas untuk murid tersebut, sementara guru juga harus memberi tugas kepada murid yang bisa belajar daring. Manajemen waktu harus tepat, kalau tidak akan bentrok antara pemberian luring dan daring.

 

Pembelajaran daring yang diberikan kepada murid juga harus diatur materinya seringkas mungkin, tapi jelas, mudah dipahami murid. Karena guru disini berfungsi dapat mencerdaskan anak bangsa dalam aspek afektif, kognitif maupun psikomotor. Dengan demikian guru harus mampu menoptimalkan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuannya dalam belajar daring maupun luring, juga harus mampu melakukan penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan.

 

///

 

Elmarikaspdgadisdesaasamkumbang

 

Padang23072020

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tuntutan pembelajaran masa pandemi guru dan siswa sama-sama belajar.mantab bun.salam

24 Jul
Balas

Artikel yang bermanfaat bund... Trmksh sdh berbagi... Sukses selalu ya bund

24 Jul
Balas

Tks bunda sdh mampir , sukses selalu kembali

24 Jul

Guru dan murid harus sama-sama belajar, gitu kaan bu El......

24 Jul
Balas

Terima kasih bu el sudah berbagi

24 Jul
Balas

Tks juga bunda sudah mampir

24 Jul



search

New Post