ELOK NOFIANDANI

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
INGIN HIDUP LEBIH LAMA? AYO BACA BUKU

INGIN HIDUP LEBIH LAMA? AYO BACA BUKU

Apakah anda pernah membaca sebuah buku yang  mampu menginspirasi dan membuat anda tergerak untuk merubah diri?. Jika pernah, maka anda harus  berterima kasih pada penulis buku tersebut. Namun nyatanya tidak semua orang bisa  merubah pola pikirnya dengan hanya membaca 1 atau 2 buah buku saja dan begitu juga sebaliknya tidak semua buku mampu memberikan inspirasi bagi pembacanya. Lalu berapa banyak buku yang harus dibaca agar bisa merubah pola pikir seseorang dan buku seperti apa yang mampu memberikan multieffect bagi kehidupan pembacanya? Kemampuan manusia untuk merefleksikan apa yang sudah dibaca bervariasi, sebagian memerlukan proses panjang untuk bisa mengambil makna dalam sebuah tulisan kemudian merefleksikan dalam kehidupannya, pembaca buku tipe ke-1 ini sering mengasumsikan tulisan orang lain adalah sebagai sebuah modal untuk mencari informasi dan menambah wawasan tanpa perlu merubah pola pikirnya atau bahkan mungkin bisa jadi kegiatan membaca bagi tipe ini adalah sebagai sebuah aktifitas hiburan belaka, namun sebagian lagi tidak membutuhkan proses yang terlalu panjang untuk mengambil sebuah makna dalam tulisan bahkan mampu merefleksikan dalam kehidupannya. Pembaca tipe ke-2 ini lebih open minded dan welcome dengan perubahan.

Terlepas dari apakah kita termasuk pembaca tipe 1 atau tipe 2, kegiatan membaca buku yang dilakukan secara kontinuitas sedikit banyak memberikan dampak positif bagi pembacanya, baik itu cara berpikir, berkomunikasi, maupun berperilaku. Selain itu, membiasakan diri untuk membaca sejak dini ternyata dapat meningkatkan kecerdasan. Seperti yang diungkapkan oleh seorang peneliti dari University of Edinburgh dan King’s College London, kemampuan membaca yang sudah dibangun dari usia sejak dini mampu meningkatkan kecerdasan seseorang secara keseluruhan. Penelitian lain mengungkapkan bahwa membaca buku mampu melatih daya ingat dan konsentrasi seseorang. Dengan membaca buku secara rutin, otak distimulasi untuk terbiasa mengolah pikiran dan memori, serta fokus terhadap suatu hal selama beberapa waktu. Kemudian ada fakta menarik lainnya terkait dengan manfaat dari kegiatan membaca. Menurut sebuah penelitian dari Yale University’s School of Public Health, seseorang yang meluangkan waktu 3,5 jam setiap minggunya untuk membaca buku, ternyata memiliki kesempatan hidup 23 bulan lebih lama.Luar biasa bukan?.

Itu dia penelitian menarik tentang manfaat membaca sebuah buku, hal ini semakin membuktikan bahwa masyarakat yang hidup dengan budaya baca tinggi hidupnya akan lebih sejahtera, oleh sebab itu penting sekali menumbuhkan minat baca terhadap semua kelompok usia dan golongan, kondisi minat baca terhadap buku ini tidak serta merta bisa menghampiri seseorang, namun harus melalui proses pembiasaan yang dibina di lingkungan dia berada. Baik itu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan kerja bahkan bagi anak-anak dalam lingkungan bermain perlu juga ditumbuhkan budaya baca dan cinta buku. Apalagi saat ini kegiatan membaca bisa menjadi lebih seru dan menyenangkan dengan memanfaatkan tehnologi digital. Menciptakan masyarakat dengan budaya baca tinggi perlu ada kerjasama baik itu dari pemerintah maupun masyarakat itu sendiri. Pemerintah dalam hal ini harus menjadi motor utama penyedia fasilitas dan sarana penunjang kegiatan gerakan budaya baca dan cinta buku, salah satu caranya dengan menyediakan buku-buku yang murah dan menarik untuk dibeli dan dibaca sehingga indeks baca masyarakat Indonesia meningkat. Selain itu agar kegiatan membaca menjadi menyenangkan dan bermakna maka ada beberapa hal yang perlu di perhatikan pada saat melakukan kegiatan membaca. Berikut beberapa tips agar kegiatan baca kita semakin seru dan bermakna.

1. Bacalah buku yang “berisi”, pilih buku-buku yang sekiranya bisa mengupgrade diri kita, memotivasi dan menginspirasi

2. Pilih buku dengan berbagi macam genre, bidang dan ranah pembahasan

3.  Baca dengan cara efektif dengan tehnik scanning , skimming, membaca kalimat topik, dll.

4. Tandai point penting dalam bacaan dengan mewarnai, penanda kertas, atau menekuk lembaran buku meski tidak direkomendasikan karena akan merusak buku.

5.  Lakukan kegiatan ini ditempat yang berpenerangan cukup dan nyaman.

Bagaimana, apakah anda sudah tertarik untuk membaca buku hari ini?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya, salam sukses

19 Apr
Balas

Makin banyak baca, kayaknya makin bodoh. Merasa bodoh bikin stress. Kata orang jika stress memperpendek usia

28 Oct
Balas

terima kasih ibu ...

27 Apr
Balas



search

New Post