Elvanis Rozalinda

Mengajar di SMA N 2 Sijunjung, Sumatera Barat. Pernah kuliah di IPB Bogor dan UNAND. Tinggal di Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat....

Selengkapnya
Navigasi Web

PEMANASAN GLOBAL

Pada kondisi saat ini kita sudah merasakan bahwa suhu bumi terasa sudah semakin panas. Beberapa tahun yang lalu kita masih merasakan udara yang sejuk apakah itu padang siang ataupun malam hari. Akan tetapi pada kondisi saat ini sedah semakin sulit untuk menjumpai hal-hal yang seperti itu. Gejala ini telah mencapai titik yang sangat mengkhawatirkan. Kondisi ini biasa disebut dengan gejala pemanasan global. Pemanasan global atau global warming adalah kejadian meningkatnya temperatur rata-rata atmosfer, laut dan daratan Bumi.

Pemanasan global dipicu oleh pembakaran bahan bakar fosil, seperti batu bara, minyak bumi, dan gas alam, yang melepas karbondioksida dan gas-gas lainnya yang dikenal sebagai gas rumah kaca ke atmosfer. Banyaknya kendaraan bermotor dan polusi udara seperti asap pabrik atau kegiatan industri.

Disamping itu kegiatan lain yang sering dilakukan oleh manusia adalah penggundulan hutan. Hutan yang gundul dapat mengurangi penyerapan karbon yang berakibat bertambahnya emisi karbon , mengubah iklim mikro lokal dan siklus hidrologis, sehingga mempengaruhi kesuburan tanah

Dampak pemanasan global sangat dirasakan terhadap kesehatan manusia. Manusia akan lebih rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Nyamuk akan lebih senang hidup pada daerah yang panas. Disamping itu, pemanasan global juga bisa mengakibatkan kerusakan pernafasan seperti Ispa. Akibat yang paling parah dapat mengakibatkan kematian pada makhluk hidup.

Menyikapi hal tersebut diatas, maka seyogyanyalah kita sebagai makhluk hidup untuk dapat menjaga kelestarian lingkungan. Banyak hal yang dapat kita lakukan seperti melakukan kegiatan daur ulang, penghematan pemakaian air dan listrik dan bahkan pada saat ini sedang digalakkan go green. Dimana kegiatan dapat dimulai dengan menanam pohon di halaman rumah yang dapat menetralisir CO2 di udara, menggunakan pupuk organik atau kompos yang hemat atau ramah lingkungan. Jika hal ini kita lakukan maka kita akan terselamatkan dari ancaman pemanasan global dan kesehatan manusia akan tetap terjaga.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post