Elvia Luthfiasari

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Do not Stop to Learn

Do not Stop to Learn

Do not Stop Learning

Oleh: Elvia Luthfiasari

Mengajar Bahasa Asing Bahasa Inggris itu gampang-gampang susah. selama ini kami para guru Bhasa Inggris sering terjebak pada GBHNnya KD Mata pelajaran Bahasa Inggris. Bagaimana materi bisa selesai sesuai tuntutan kurikulum. Bagaimana para peserta didik bisa mendapatkan nilai tinggi. Karena tuntutan dari pemangku kebijakan adalah peserta didik mempunyai nilai tinggi yang dibuktikan dengan selembar kertas raport.

Padahal esensi dari belajar bahasa adalah bagaimana peserta didik bisa mengomunikasikan ide dengan bahasa yang baik dan bisa dipahami. Kemampuan speaking skill selalu menjadi sorotan dalam belajar bahasa asing. Karena kami pun para guru harus selalu meningkatkan kapasitas skill kami.

Salah satu yang menjadi andalan untuk belajar berbicara adalah dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melakukan presentasi materi dalam bahasa Inggris.

Tahap pertama adalah membagi kelas dalam beberapa kelompok setelah guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan capaian materi. Setiap kelompok diminta untuk melakukan pengamatan mandiri dan eksplorasi materi. Setelah itu mereka mengkomunikasikan beberapa hal terkait materi dengan cara presentasi. Menurut saya dengan melakukan presentasi akan melatih kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Karena semua harus belajar untuk menjelaskannya in English. Mereka harus selalu dimotivasi bahwa mereka pasti bisa. Begitupun ketika para audience dikelas diminta untuk menanggapi dengan mengajukan pertanyaan ataupun komentar dalam bahasa Inggris.

Dengan bantuan gugel translate juga bantuan bisikan dari teman-temannya, lama kelamaan mereka sudah tidak terlalu kagok untuk bertanya dalam bahasa Inggris. Begitupun dengan teman-temannya yang menjawab pertanyaan, ternyata secara perlahan mereka sudah bisa mempersiapkan diri dalam menghimpun jawaban. Saya memahaminya bahwa mereka sebenarnya sedang melakukan tutor sebaya dengan materi ajar.

Saya harus berpikir positif bahwa dari sekian puluh peserta didik pasti ada yang menikmati proses pembelajaran speaking melalui presentasi ini.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya mbak. Sukses selalu

19 Sep
Balas

Terima kasih kunjungannya Pak. Sukses juga untuk Bapak.

20 Sep

Mantap bunda.. Terus pacu kreativitas siswa dengan mengajak bicara di depan orang... Sukses selalu

19 Sep
Balas

Terima kasih sudah mampir. Salam literasi.

20 Sep



search

New Post