Elvia Luthfiasari

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
Supervisi Akademik dan Manajerial

Supervisi Akademik dan Manajerial

Supervisi Akademik dan Manajerial

Oleh: Elvia Luthfiasari

Dilihat dari pengertian Supervisi adalah kegiatan pembinaan yang dilakukan oleh seorang profesional untuk membantu guru dan tenaga pendidikan lainnya dalam memperbaiki bahan, metode dan evaluasi pengajaran dengan melakukan stimulasi, koordinasi dan bimbingan secara kontinu agar guru menjadi lebih profesional dalam meningkatkan pencapaian tujuan sekolah.

Kegiatan rutinitas yang dilakukan minimal 1x dalam setahun ini adalah sebuah kegiatan pengawasan tetapi sifatnya lebih human dan manusiawi. Kegiatan supervise bukan untuk mencari-cari kesalahan, tapi lebih menempatkan guru sebagai mitra belajar.

1. Supervisi akademik

Tujuan Supervisi akademik:

A. Mengembangkan profesionalisme guru

B. Monitoring proses pembelajaran

C. Membina komitmen guru akan komitmen dan tanggung jawab tugasnya

Langkah-langkah dalam Supervisi akademik:

A. Pra Observasi.

Seorang Kepala Madrasah harus memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang baik. Jalin keakraban dengan menyampaikan focus supervise dan kesepakatan instrument yang akan digunakan.

B. Observasi

Seorang kepala madrasah melakukan pemantauan dengan menggunakan instrument yang sudah disepakati dan jadwal yang sudah disepakati pula. Kemudian mencatat perilaku guru dan siswa.

C. Pasca Observasi

Kepala Madrasah menanyakan pendapat guru tentang proses KBM yang sudah dilakukan. Menyampaikan hasil observasi dengan terbuka dan membuka ruang diskusi secara positif untuk perbaikan di waktu mendatang. Merencanakan program tindak lanjut.

2. Supervisi manajerial adalah supervisi yang berkenaan dengan aspek pengelolaan sekolah (madrasah) yang terkait langsung dengan peningkatan efisiensi dan efektivitas sekolah (madrasah) yang mencakup perencanaan, koordinasi, pelaksanaan, penilaian, pengembangan kompetensi sumberdaya manusia (SDM) kependidikan dan sumberdaya lainnya

Prinsip dalam kegiatan supervisi adalah

1. Tidak otoriter

2. Humanis Harmonis

3. Berkesinambungan

4. Demokratis

5. Integral

6. Komprehensif

7. Konstruktif

8. Obyektif

BaktiTu, 9 Nov 2022

(Sebuah resume catatan diklat)

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap ulasannya keren

09 Nov
Balas



search

New Post