ElVINA, S.Pd

Nama : Elvina, S.Pd Tempat tanggal lahir : Padang, 23 Mei 1971 Alamat :Jl. Belakang Adikarya,Lubuk Sikaping. Kabupaten Pasaman. Sumbar. Pelatihan : MWC 12 Su...

Selengkapnya
Navigasi Web
Kisah Pelangi (684)
684

Kisah Pelangi (684)

Kisah Pelangi

Matahari tersenyum menawan. Sawah panjang dipenuhi oleh tawa Nisa dan kawan-kawannya. Yang menyusuri pematang sawah. Bulir padi kian berisi, semakin merunduk dan menguning.

Mereka sangat bahagia mencari siput pada aliran air di pematang sawah. Menikmati indahnya alam yang luas mereka seakan bahagia tanpa batas.

“Kawan-kawan.. lihat itu ada lukisan di langit, warnanya indah sekali.” Nisa menunjuk kearah pelangi yang melengkung dengan warna yang indah di ujung langit biru. Serentak Bela dan Fani melihat kearah lukisan di langit yang di tunjuk oleh Nisa.

“Itu namanya selendang bidadari, kemarin juga muncul. ‘Iyak’ bilang kalau bidadari turun mandi ke sungai yang airnya besar, bidadari itu akan melepaskan selendangnya. Nah..yang kita lihat warna-warni itu adalah selendangnya.” Bela menunjuk ke arah pelangi yang warnanya semakin terang.

“Hei..hei... jangan di tunjuk. Selendang bidadari itu tidak boleh di tunjuk kata Uncu kemarin.” Fani melarang Nisa dan Bela menunjuk kearah pelangi.

“Memangnya kenapa kalau di tunjuk.?” Nisa penasaran

“ Kalau kita menunjuk ke arah selendang bidadari, jari yang kita gunakan untuk menunjuk itu bisa bengkok.”

Spontan Nisa dan Bela saling pandang. “ Yang benar Fan?.” Mereka sangat khawatir karena tadi mereka sempat menunjuk ke arah selendang bidadari itu. “Apakah jari telunjuk ambo akan bengkok Fan.?” Nisa sedih dan khawatir. Meskipun di dalam hatinya bertanya apakah benar hal tersebut bisa terjadi.

“Ayooo.. sekarang masukkan jari telunjuk kalian ke dalam mulut lalu di emut. Biar jarinya tidak bengkok.”

“Kemarin waktu ambo menunjuk ke arah selendang Bidadari itu, Uncu langsung menyuruh ambo memasukkan jari ke dalam mulut dan di emut agar jari tidak bengkok.

Tanpa menunggu lama Bela langsung mengikuti apa yang di sarankan Fani. Nisa yang melihat hal itu ikut memasukkan jarinya ke dalam mulut meskipun dia belum yakin akan hal tesebut.

Setelah mendapat siput yang banyak mereka pulang menuju rumah masing-masing untuk segera memberikan hasil pencarian siput kepada orang tua masing-masing agar segera diolah menjadi lauk.

“Assalamu’alaikum..Mama.”

“Wa’alaikumsalam.”

Nisa menyodorkan siput yang dia dapat kepada Mama. “MaasyaaAllah banyak sekali hasil pencariannya. Terima kasih yo, Santiang.”

Nisa hanya mengangguk ringan tidak bersemangat sambil memgemut tangannya.

“Anak Mama kenapa, kok terlihat sedih? Jari telunjuknya kok di emut?. Kotor nak.”

“Ambo takut jari telunjuk bengkok Ma. Makanya di emut.”

“Bengkok..? bengkok bagaimana?.”

“Tadi ambo melihat ada selendang bidadari di langit, warnanya sangat indah lalu di tunjuk. Kata Fani kalau di tunjuk jari kita akan bengkok Ma.”

Mama tersenyum, “Hihihi.. anak Mamai ada-ada saja. Yang Nisa lihat itu bukan selendang bidadari tetapi itu namanya pelangi. Kalau di tunjuk tidak akan menyebabkan jari bengkok.”

Wajah Nisa seketika berubah bahagia karena jarinya tidak akan bengkok.

“Ma… berarti itu bukan selendang bidadari? Dan jari ambo tidak akan bengkok?.”

“Yo.. santiang, itu hanya mitos.”

“Apa maksudnya pelangi itu Ma..?.”

“Pelangi itu adalah fenomena alam yang terjadi ketika sinar matahari dan hujan saling bereaksi. Pelangi terjadi karena proses pembiasan. Matahari membiaskan sinarnya ke tetes-tetes air dan menghasilkan warna-warna indah yang terpisahkan. Saat proses pembiasan sinar matahari terjadilah cahaya yang dibelokan atau berpindah tempat dari arah lain. Yaitu dari udara ke air.

Setiap warna-warna pelangi akan dibelokkan pada sudut yang berbeda sehingga akan memberikan warna yang indah pada pelangi. Warna pelangi itu sangat banyak tetapi yang terlihat warna oleh mata manusia hanya warna mejikuhibiniu.”

“ Apa maksudnya warna mejikuhibiniu Ma..? ambo baru dengar.”

“Hihihi..mau tau aja atau mau tau banget?.”

“Ahh...Mama ayoo..apa maksudnya?.” Nisa memeluk Mama dengan manja.

“Mejikuhibiniu itu artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu.”

“Warnanya sangat cantik Ma, ambo sangat senang melihatnya.”

“Oh ya Ma, apakah pelangi itu bentuknya hanya setengah lingkaran?.”

“Pelangi itu sebenarnya tidak berbentuk setengah lingkaran atau seperti busur. Pelangi sebenarnya berbentuk lingkaran, tetapi mata kita tidak dapat melihat dengan penuh wujudnya, sebab cakrawala memotong bagian bawahnya. Sehingga yang kita lihat hanya setengah lingkaran.”

“Ohh.. begitu. Ambo ngerti sekarang. Oh iya, ambo mau kerumahnya Bela dulu yo Ma.., untuk menjelaskan tentang pelangi, kasihan Bela pasti khawatir dengan jarinya yang akan bengkok.

###

Yo : Iya

Ambo : Saya

Iyak : Nenek

Uncu : Pangilan untuk adik ibu yang kecil.

Santiang : Pintar

Disadur dari tulisan Ibu Baiq Sumiati, S.HI

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Cerita anak penuh pembelajaran. Sukses selalu Bu Elvina. Salam literasi

10 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Ada bidadari turun itu hehe....Cerita yang cantik, Bunsay

10 Dec
Balas

Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Keren ceritanya Ustadzah Elvina, Barokallah

10 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Kisah yang sangat keren dan menarik. Semoga sehat dan sukses selalu buat Ibu bersama keluarga tercintanya

11 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Cerita ini bagus karena ada penulis lain yang sudah menulisnya terlebih dahulu. Sayang sekali tulisan ini plagiasi. Mari kita bandingkan dengan aslinya dan kita lihat tanggal postingannya.https://baiqsumiatishi.gurusiana.id/article/2021/06/mengenal-pelangi-1039060#.YNP-nyULKZ4.whatsapp

20 Dec
Balas

Mantap surantap bunda cerita anaknya.Selamat pagi selamat beraktivitas. Salam sehat dan sukses selalu buat bunda sekeluarga Terima kasih telah setia mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk saling SKSS dan berbagi kebaikan melalui cernak.

10 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Alhamdulillah

10 Dec
Balas

jadi inget masa kecil..cerita yang keren

10 Dec
Balas

. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Hahaha, jadi teringat masa kecil Bu. Keren dan salam sukses

10 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Cerita anak yang keren, Buncan. Semoga sukses dan sehat selalu aamiin

10 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Ceritanya mantap Bunda Vivin sangat mengedukuasi. Sesuai dengan mapel ya Bunda yo. Salam sehat dan sukses Bunda.

10 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Ha.ha..bisa aja..Bela, jangan takut menunjuk pelangi tuh..kisah yang membuat tersenyum. Salut

10 Dec
Balas

Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Cernaknya mantap bucan, sangat bermanfaat.... salam sukses

10 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Keren dan mantap kisahnya uni cantik.... Luar biasa... Salam sukses

10 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Cernak yg keren bunda. Sy pun wkt kcl jg spt itu, takut jarinya bengkok..he he...

10 Dec
Balas

Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Siip cernaknya, Bu Vivi. Memang ada banyak mitos tentang pelangi. Saat kecil saya juga percaya mitos itu. Salam sukses selalu.

10 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Hehe..keren ceritanya.

10 Dec
Balas

Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Keren ceritanya Bunda, bermanfaat dan informatif, salam sukses selalu

10 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Mantul Bu cantik. Potretnya super keren. Salam sehat dan sukses selalu. Tetap Semangat.

10 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Eai keren bunda cantik..cernak ya sangat menarik...sehat n sukses sll nggih

10 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Mantap ceritanya, bunda. Salam sukses selalu!

10 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Keren ceritanya bunda, salam sehat selalu

10 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Cerita yang keren bu Elvina semoga semakin sukses selalu

10 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Cerita anak yg bermanfaat Bunda. Salam literasi dan sukses selalu

10 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Keren sekali kisahnya. Sehat dan sukses selalu untuk bunda

10 Dec
Balas

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Aamiin YRA. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sehat dan bahagia

12 Dec

Izin simpan gambarnya bu

10 Feb
Balas



search

New Post