ElVINA, S.Pd

Nama : Elvina, S.Pd Tempat tanggal lahir : Padang, 23 Mei 1971 Alamat :Jl. Belakang Adikarya,Lubuk Sikaping. Kabupaten Pasaman. Sumbar. Pelatihan : MWC 12 Su...

Selengkapnya
Navigasi Web
Mitigasi Bencana (692)
692 kompas com

Mitigasi Bencana (692)

Mitigasi Bencana

“Assalamu’alaikum Mama.”

“Wa’alaikum salam Rani. Aduh anak salihah Mama dari mana saja?. Dari tadi dicari .” mama memeluk Rani dengan penuh kasih sayang.

“Maaf Ma tadi ambo membantu Fajar, membersihkan barang-barang yang berhasil dia selamatkan dari rumahnya yang runtuh.” “Wah anak Mama hebat sudah membantu kawannya. Ayo sekarang Rani mandi dulu. Pakaiannya di ganti ya!. Tadi ada yang memberikan kita bantuan pakaian, sepertinya cocok samamu.”

“Sebentar dulu. Mama.. tadi sewaktu Rani sedang membantu bersih-bersih lalu datang Om-om menggunakan pakaian loreng. Mereka ikut membantu Bundanya Fajar mengangkat barang dari bekas reruntuhan gempa. Siapakah mereka Ma?.”

“Oowhhh..itu namanya ABRI nak.”

“Apa itu ABRI Ma?.”

“ABRI itu Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. Mereka siap membantu masyarakat yang membutuhkan bantuan.”

“Tadi ambo dengar Om ABRI itu berbicara tentang mitigasi bencana kepada Bundanya Fajar. Apa mitigasi bencana itu Mama?.”

“Mau tahu aja atau mau tahu banget. Hihi..hihi...hhi.” Mama mencandai Khairaniputri.

“Hii..hihihi.. hiii. Mau tahu banget Ma.” Rani menarik manja tangan Mamanya.

“Ayoo Maa..apa maksudnya Mitigasi bencana itu?.”

Mitigasi bencana adalah upaya yang dilakukan untuk mengurangi resiko terjadinya bencana, seperti mengurangi jumlah korban jiwa maupun korban harta.”

“Mama kalau bencana gempa bumi bagaimana cara kita melakukan mitigasi bencana?.”

“ Daerah yang rawan terjadi bencana gempa bumi harus membangun rumah yang tahan terhadap gempa. Selain itu kita juga harus punya tas siaga bencana, sayang.”

“Apa itu tas siaga bencana Ma.” Khairaniputri sangat antusias ingin mendengarkan penjelasan Mama.

“Tas siaga bencana itu adalah tas yang kita siapkan untuk menghadapi datangnya bencana. Tas tersebut isinya adalah kotak P3K atau obat-obatan, dokumen penting, uang tunai, air minum, makanan yang tahan lama, senter, jas hujan, peluit, pakaian, pembalut wanita, pempers dan perlengkapan bayi bagi yang punya bayi.”

“Tas siaga bencana ini di letakkan di tempat yang mudah di ambil ketika sewaktu-waktu terjadi bencana. Tas siaga bencana harus di cek kondisinya secara berkala untuk mengganti jika ada barang yang sudah tidak layak untuk di gunakan.”

“Owhhh begitu Ma.. sekarang Rani sudah tahu maksud dari mitigasi bencana. Berarti tas yang dibawa sama Papa waktu gempa kemarin itu adalah tas siaga bencana ya Ma?.”

“Yo.. nak.. Mama sudah mempersiapkannya karena daerah kita termasuk daerah yang rawan gempa bumi.” “Wah ..Mama hebat.”

“Ambo mau menceritakan hal ini sama kawan-kawan dulu yo Maa.”

“Boleh..tapi Rani harus mandi dulu. Lihat tuh pakaiannya kotor bekas debu.” Rani tersenyum dan menarik kembali kakinya yang sudah hampir berlari mencari kawan-kawannya.

“ Hii..hihihi..hihi..Siap Mama.”

Disadur dari tulisan Ibu Baiq Sumiati, S.HI

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren menewen kisahnya Uni.. Pelajaran ringan bagi anak2.. Sukses selalu

18 Dec
Balas

Alhamdulillah. Ini juga membersamai wali kelas membagikan buku laporan kemajuan belajar peserta didik. Tulisan yang informatif dan mencerahkan bunda. Terima kasih telah setia mengunjungi sriyonospd.gurusiana.id untuk saling SKSS dan berbagi kebaikan.

18 Dec
Balas

Keren banget Bunda

19 Dec
Balas

Alhamdulillah

18 Dec
Balas

Cerita anak yang menarik Bu, mantap Bu dan sukses selalu

18 Dec
Balas

Ceritanya bunda Pipin selalu menarik, betah bacanya lama-lama. Salam sukses bunda.

18 Dec
Balas

Keren cernaknya bunda ilmu gempa dan bencana yg menambah pengetahuan bunda sukses selalu ya

18 Dec
Balas

Tulisan yang tidak memikirkan perasaan penulis aslinya. Ini hasil plagiat. Tulisan ini asli saya tulis Bunda

20 Dec

Sabar ya bunda Baiq Sumiati, selesaikan dengan hati antara bunda dengan bunda Elvina. Salam perdamaian untuk kita semua

20 Dec

Keren, menarik dan luar biasa uni cantik... Salam sukses selalu buat bu guru hebat...

18 Dec
Balas

Sllu keren bunda. Cernah yg8nspiratif. Dukses slku bunda cantik Elvina

18 Dec
Balas

Ceritanya bagus bun, sayang kok ada yg niru ceritanya ya

20 Dec
Balas

Rani anak yg cerdas, mama bijak. Klop deh.. Kisah yg apik,Bu Vivi. Salam sukses selalu.

18 Dec
Balas

kren Bu Elvina inspiratif sekali.

18 Dec
Balas

Cerita yang menarik Bunda, disampaikan dengan tutur yang apik, salam sukses selalu

18 Dec
Balas

cernak yang sangat bermanfaat dan informatif sehat selalu ustazah Elvina dan keluarga.

18 Dec
Balas

Mantap Bu Elvina. Salam sukses

18 Dec
Balas

Ulasan yang sangat menarik.keren bu..Salam sehat..

18 Dec
Balas



search

New Post