Emi Indra

Lahir di desa Soni 13 Juli 1972. Punya anak semata wayang. Mengajar di SMPN 1 Palu. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
TAK HARUS TERLIHAT

TAK HARUS TERLIHAT

“Khairunnas anfauhum linnas, Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya”. (HR. Ahmad )

Manusia sebagai makhluk sosial selalu membutuhkan orang lain. Dalam berinteraksi dengan sesama hendaklah dikedepankan akhlakul karimah. Hendaklah keberadaan kita di masyarakat memberi nilai tambah, bukan sebaliknya, keberadaan kita justru membawa onar. Saya sering memakai istilah “ datang menambah, pergi mengurangi”. Ketika kita datang di suatu tempat, ada nilai tambah yang kita berikan, dan ketika pergi maka orang-orang yang ditinggalkan merasa kehilangan.

Dalam memberi manfaat, tak perlu menjadi yang paling terlihat. Tak perlu terlalu terobsesi yang paling terkenal, cukup kita selalu berambisi untuk terus memberi manfaat, meski harus menjadi orang kedua, ketiga, atau bahkan pada posisi yang tak pernah dilihat manusia.

Tidak akan terbentuk bangunan yang kokoh dan indah jika semua bahan bangunan harus terlihat dan menonjol, yang ada hanyalah semen, batu, pasir, kerikil yang bertumpuk. Tidak akan menjadi bangunan kokoh yang saling menguatkan satu sama lain, apalagi menjadi bangunan yang memberi banyak manfaat.

Saatnya sekarang, level “Aku” diturunkan menjadi “Kita”. Tak ada penonjolan diri, karena kita saling membutuhkan satu sama lain.

Tak penting lagi tentang aku, namaku, statusku, orang mengenalku, namun yang terpenting bagaimana kita bersinergi untuk memberikan kebermanfaatan yang luas buat sesame untuk menggapai ridhoNya.

Percayalah, akan lebih lama, lebih besar, lebih luas manfaatnya jika kebaikan dilakukan secara bersama-sama dalam hal apapun.

Dalam bermasyarakat kita selalu butuh orang lain untuk memberi nasehat, kita butuh teman yang selalu menyemangati, kita butuh pendamping yang menutupi kekurangan diri. Meskipun kadang terasa berat karena harus mampu mengesampingkan ego pribadi, namun terasa ringan jika kita tetap yakin bahwa ada Allah yang selalu melihat, dan Maha membalas.

Tak terkenal mungkin di bumi, tapi semoga penduduk langit melihatnya.

Tetaplah berbuat baik dan memberi manfaat dengan segala kerendahan hati, lakukanlah dengan penuh keihlasan. Semoga Allah selalu memberi kebahagiaan dan kemuliaan buat kita semua. Aamiin

Palu, 17 januari 2023

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post