Emi Titik Yami Yani

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Navigasi Web
ABCD KEHIDUPANKU
ABCDKU

ABCD KEHIDUPANKU

ABCD adalah istilah yang sangat sering kita gunakan dalam menyusun tujuan pembelajaran dan kisi kisi soal. A yang berasal dari audience berarti peserta didik kita atau subjek pembelajaran kita, merekalah yang akan mencapai tujuan pembelajaran kita, merekalah yang akan menjadi testee yang akan mengerjakan soal kita. Behavior dari huruf B yang menempati posisi kedua bermakna target yang akan kita capai dengan tujuan dan soal yang kita buat. Berbagai kalimat bisa kita gunakan misalnya, menentukan nilai moral teks naratif, menemukan gambaran umum teks diskripsi, ataupun kalimat lain yang relewan dengan kompetensi dasar yang sudah kita pecah menjadi indikator pencapain kompetensi. Dalam behavior inilah kita susun indikator yang tertulis adalah capaian yang akan dipenuhi peserta didik dalam pembelajaran. C dalam urutan ketiga adalah Condition adalah fasilitasi apa yang sudah kita berikan pada peserta didik. misalnya, kata yang sering digunakan dalam tujuan pembelajaran adalah, diakhir pembelajaran... kalimat yang sering digunakan dalam kisi kisi adalah disajikan sebuah gambar... Tanpa adanya, C dalam kisi kisi dan tujuan pembelajaran, sangat tidak memungkinkan bagi kita untuk menagih peserta didik kita terhadap pembelajaran dan hasil pembelajaran. Huruf yang keempat adalah D yang berasal dari degree, sejauh mana peserta didik kita dapat memenuhi tujuan pembelajaran dan menjawab pertanyaan sesuai indikator dalam kisi kisi yang sudah kita susun. Keempat huruf tersebut menjadi penentu kita dalam melaksanakan pembelajaran dan menguji sejauh mana pembelajaran kita berhasil.

Hari ini muncul ABCD baru yang berbeda dengan pemahaman kita selama ini. A berasal dar Allah, dimaksudkan bahwa kita semua adalah ciptaan Allah, apapun yang kita lakukan, apapun yang kita harapkan, apapun yang kita usahakan, semua bermuara pada Allah. Bila ini yang kita lakukan maka, kemudahan dunia berada dalam genggaman tangan kita. B berasal dari birth yang berarti lahir. Kita lahir lemah, tanpa kekuatan untuk melakukan kerja yang bermakna, maka apa yang akan kita sombongkan? Nothing B inilah yang mendasari pola pikir kita, bahwa kita insan yang tidak sempurna, banyak insan lain yang lebih baik dari kita, banyak teman yang yang lebih pandai, lebih kreatif dan lebih mampu melaksanakan tugas dibanding kita. Bila mengingat hal ini, akan membuat kita menjadi insan yang lembah manah, rendah hati dan tidak arogan. C adalah choice yang berarti pilihan, bila guru adalah profesi pilihan kita, maka apapun yang terjadi kita harus bertanggung jawab dengan pilihan kita. Segala resiko dasn konsekuensi logis didalamnya siap kita terima. Kedisiplinan adalah bagian dari konsekuensi pilihan hidup kita, sangat layak diperjuangkan. Dan huruf tang terakhir adalah D yang berasal dari Dead. Huruf inii mengakhiri perjalanan hidup kita setelah lahir dan memilih jalan hidup. Semoga mengispirasi teman teman.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

tulisan ini keren banget. Luar biasa

28 Aug
Balas

Lagi belajar om, besuk diajari neh ya

29 Aug

Thanks it's inspiring

28 Aug
Balas

Terima kasih mas berkenan membaca

29 Aug

Kayaknya lbh lengkap klo ditambah dg E yaitu Eternal, alam keabadian...siip mbak Emi.

28 Aug
Balas

Maturnuwun Mbak, lain waktu akan dibuat lebih baik

29 Aug



search

New Post