Emy Afriani

Guru TKIT Anak Sholeh Mataram NTB...

Selengkapnya
Navigasi Web
8 Tip Tidur Ala Rasulullah saw

8 Tip Tidur Ala Rasulullah saw

Sahabat, tidur salah satu nikmat Allah swt. Tidur dijadikan sebagai istirahat kita setelah sekian jam beraktivitas di siang harinya. Tidur walaupun sebentar namun berkualitas akan membantu tubuh menjadi lebih fresh. Syaraf-syaraf otak juga menjadi tak tegang.

Namun keseringan, kita bangun tidur terasa masih belum segar. Padahal waktu tidur kita lebih dari 8 jam sehari.

Mau tahu tip tidur yang sehat ala Rasulullah Saw?

Yuk, baca 8 tip berikut ini!

Pertama, Biasakan diri berwudhu sebelum tidur.

Sahabat, tahukah kalian ternyata saat air mengenai bagian wudhu dari tubuh kita, maka air itu akan membantu melonggarkan syaraf-syaraf tubuh yg tegang setelah bekerja. Tidur dalam kondisi berwudhu merupakan kebiasaan Rasulullah Saw dan shalafush sholeh. Rasulullah Saw juga sebelum berwudhu selalu bersiwak (gosok gigi).

Kedua, berdoa.

Doa adalah senjata kaum muslimin. Saat sahabat tidu, itu adalah proses latihan menuju kematian. Di malam hari juga sering kali ada gangguan yang dibuat oleh manusia maupun makhluk Allah SWT yang tak kasat mata. Oleh karena itu doa adalah tameng bagi sahabat untuk melindungi diri dari kejahatan makhluk di malam hari.

"dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita". (QS. Al-Falaq: 3)

Ketiga, Mengibas-ngibas tempat tidur.

Rumah yang jarang dihuni atau lama ditinggalkan menjadi tempat yang disenangi oleh binatang dan makhluk ghaib. Rasulullah Saw, mengajarkan jika seseorang ingin tidur di pembaringannya hendaknya ia mengibas-ngibasnya terlebih dahulu untuk menyingkirkan sesuatu yang bisa mengganggunya saat tidur.

Keempat, mulai tidur dengan tubuh dimiringkan ke kanan

Posisi tidur terlentang sangat tidak bagus bagi kesehatan, sahabat. Posisi ini bisa membuat tekanan yang besar untuk rongga perut.

Tidur dengan posisi miring ke kanan akan melonggarkan tekanan pada jantung, hati dan rongga perut. Sementara tidur dengan posisi miring ke kiri mengurangi pembentukan asam lambung.

Kelima, evaluasi diri.

Setelah seharian bekerja, berinteraksi dengan banyak orang, maka alangkah baiknya sebelum tidur kita evaluasi diri. Targetan kita sejauh mana tercapai. Hal positif apa yang sudah kita lakukan? Atau kesalahan apa yang sengaja atau tidak sengaja kita lakukan? Evaluasi diri.

Keenam, bertaubat.

Jika sahabat sudah evaluasi diri, eee... Ternyata ada kesalahan yang kita lakukan maka bersegeralah bertaubat. Memohon ampun kepada Allah SWT. Semoga hari esok kita menjadi lebih baik. Jika ada orang yang menyakiti kita maka, sebagai muslim Rasulullah Saw mencontohkan agar sahabat bisa memaafkan.

Ada kalimat nasehat dari Almarhum KH. Rahmat Abdullah rahimakumullah. "Ingatlah kebaikan orang dan lupakan kebaikan diri. Ingatlah keburukan diri dan lupakan keburukan orang lain.".

Ketujuh, perbanyak zikir.

Hanya dengan mengingat Allah hati akan menjadi tentram (QS. Ar-Ra'du: 28)

Kedelapan, matikan lampu

Tidur dengan lampu menyala membuat tubuh terpapar radiasi. Oleh karena itu, jika takut tidur dalam ruangan gelap alangkah baiknya tubuh tidak terkena paparan cahaya lampu langsung. Sinar lampu juga bisa dikurangi.

Semoga 8 tip tidur ala Rasulullah saw ini membuat istirahat sahabat menjadi lebih berkualitas and so bernilai ibadah. Selamat beristirahat!

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Tipnya informatif. Terima kasih sudah menberikan pencerahan, sudah pencerahan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Rerefensi tulisannya sangat mumpuni. Terus menulis dan menginspirasi. Sehat, bahagia, dan sukses selalu. Barakallah

31 Mar
Balas

Barakallah Ulakum. Terima kasih motivasinya Pak dan sudah meluangkan waktu untuk membaca

01 Apr

Informatif dan Inspiratif Bunda. Salam Literasi

31 Mar
Balas

Jadi ilmu!

01 Apr

Semoga bermanfaat. Salam literasi

01 Apr

great article!

31 Mar
Balas

Jazakallah, terima kasih sudah meluangkan waktu membaca. Salam literasi

01 Apr



search

New Post