Emy Afriani

Guru TKIT Anak Sholeh Mataram NTB...

Selengkapnya
Navigasi Web
Guru yang Memikat

Guru yang Memikat

Berbicara tentang dunia pendidikan , maka kita tidak bisa terlepas dari sosok seorang guru. Sosok yang secara profesi bertindak sebagai pendidik, pengajar, dan pembina. Di sekolah guru berperan sebagai orang tua kedua yang siap mengasuh dan memberikan kasih sayang tulus. Bukan saja itu sobat, guru juga memiliki peran strategis yang tidak bisa kita anggap sepele. Memangnya apa tugas guru yang tidak boleh dianggap sepele?

Sobat tahu, guru itu adalah rujukan ilmu pengetahuan dan keteladanan. Oleh karena itu sobat, seorang guru perlu terus menjaga dan meningkatkan kemampuannya agar bisa memberikan yang terbaik bagi anak didiknya. Jangan sampai seperti kata pepatah “ Bagaikan katak dalam tempurung”. Artinya? Guru hanya nyaman dengan pengetahuan yang dimiliki saat itu juga tanpa mau membuka wawasannya tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Nah, untuk melaksanakan semua peranya yang super duper tersebut, seorang guru harus mampu terlebih dahulu memikat peserta didiknya? Up…Jangan salah tafsir ya? Maksudnya guru itu perlu memiliki kecerdasan yang membuat anak muridnya selalu senang dan tertarik untuk belajar. Itu maksudnya dan kecerdasan seorang guru itu ada tujuh macam.

Mau tahu? Yuk, kita baca bersama tulisan di bawah ini!

Pertama, cerdas spiritual. Kecerdasan spiritual seorang guru menunjukkan kecintaan dia akan dunia pendidikan. Pembelajaran yang diajarkan senantiasa dikaitkan dan disandarkan dengan Allah swt. Tindakannya pun mencontoh keteladanan Sang Rasul Nabi Muhammad saw. Mendoakan anak didiknya kebaikan dunia akhirat, ikhlas, senantiasa menasehati dengan kebaikan, dan menyadari bahwa di atas yang berilmu ada yang Maha Berilmu yaitu Allah swt.

Kedua, cerdas emosi. Guru yang memikat mampu mengendalikan emosinya. Sabar, jujur, adil, berani, penuh perhatian, percaya diri, konsisten, memahami kejiwaan anak didiknya, serta menghargai setiap perbedaan dari anak didiknya menjadi ciri khas guru yang memikat.

Ketiga, cerdas intlektual. Guru yang memikat secara intlektual memiliki wawasan yang luas, well prepared, menguasai teknologi, pandai berkomunikasi. Dengan kecerdasan intlektualnya seorang guru nantinya mampu mengembangkan pembelajaran dan media pembelajarannya dengan lebih baik. Senantiasa memiliki inovasi baru yang bisa memikat perhatian anak didiknya ketika belajar.

Keempat, cerdas social. Anak didik akan nyaman dan senang sama guru yang lembut, berkata yang baik dan benar, bersahabat, murah senyum dan humoris. Dengan teman sejawat juga mampu bekerja sama dengan baik dan senantiasa menjadi problem solver bagi orang-orang di sekitarnya. Dan kecerdasan seorang guru ini tergambar dari kalimat yang disampaikan oleh tokoh pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara yaitu tut wuri handayani, ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa.

Kelima, cerdas fisik / menjaga kebugaran. Rasulullah saw sebagai guru ummat manusia telah mengajarkan bahwa seorang pendidik harus mampu menunjukkan keploporannya dalam dunia kebersihan sebagai wujud keimanan kepada Allah swt. Guru yang memikat akan senantiasa menjaga kesehatan atau kebugaran tubuhnya. Olah raga menjadi sebuah kebutuhan bagi dirinya sehingga akan lebih bugar dalam menjalani tugasnya sebagai seorang pendidik. Tubuh bugar dari serang guru akan lebih efektif memikat peserta didiknya jika ia mampu memadukannya dengan penampilan yang cekatan dan menawan.

Keenam, memiliki skill penunjang seperti pandai bercerita, pandai melukis, pandai main tebak tebakkan dan berpantun, pandai besenandung dan memainkan alat music, serta tulisannya rapih.

Ketujuh, cerdas memilih tindakan sehingga ia tahu apa saja yang perlu dihindari terutama dalam proses pembelajaran. Ada beberapa hal yang harus dihindari oleh seorang guru diantaranya tidak melakukan transaksi jual beli ketika proses pembelajaran, bergosip, malas-malasan, terlambat, dan bolos dengan alasan yang tidak baik.

Jika ketujuh kecerdasan ini dimiliki oleh seorang guru, maka pasti ia akan mampu menjadi guru yang memikat dan senantiasa dirindukan kehadirannya oleh anak didiknya.

So...apakah ketujuh hal ini ada pada diri kita?

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Seharusnya ada pd setiap guru, sukses selalu dan barakallah

04 Nov
Balas

ya Ibu, sya juga lagi terus belajar. barakallahufik. jazakillah Ibu selalu meluangkan waktu membaca dan mengomentarai tulisan saya.

04 Nov

Semoga ketujuhnya ada pada semua guru, alangkah indahnya dunia pendidikan... Salam Literasi dan sukses selalu

05 Nov
Balas

Aamiin. Sukses juga untuk Bapak dan keluarga. Salam literasi

05 Nov



search

New Post